Universitas Bengkulu menyatakan kesiapannya menjadi kampus yang berdaya saing global serta diakui oleh dunia pendidikan internasional.
 
"Kami ingin UNIB tidak hanya dihormati di tingkat nasional, tetapi juga diakui secara global. Salah satu langkah penting yang kami tempuh adalah menjalani proses akreditasi internasional, seperti dari Accreditation, Certification, and Quality Assurance Institute (ACQUIN) di Jerman," kata Rektor Universitas Bengkulu Dr Retno Agustina Ekaputri di Bengkulu, Selasa.
 
Universitas Bengkulu (UNIB), kata dia, terus menunjukkan komitmen dalam meningkatkan kualitas pendidikan dan memperkuat daya saing di level internasional.
 
"Bahwa visi besar UNIB adalah menjadi universitas yang unggul, berbudaya, dan memiliki daya saing global," kata dia lagi.
 
UNIB pun menggelar fokus grup diskusi (FGD) untuk mengevaluasi pencapaian visi dan misi Universitas Bengkulu menuju World Class University (WCU) pada 2025.
 
Pada kegiatan tersebut, Rektor Retno menegaskan pentingnya akreditasi internasional dalam meningkatkan kepercayaan calon mahasiswa, mitra kerja, dan pemerintah terhadap UNIB.
 
Menurut dia, akreditasi tersebut tidak hanya membawa pengakuan formal dari lembaga internasional, tetapi juga merupakan langkah penting untuk mewujudkan visi WCU 2025. Retno pun mengajak semua pihak untuk berkolaborasi dalam mencapai target tersebut.
 
"Harus memiliki standar tinggi dalam tiga aspek, keunggulan, budaya, dan daya saing internasional. Kami mengundang para pemangku kepentingan untuk memberikan masukan, koreksi, dan dukungan guna mencapai visi dan misi UNIB," ucapnya.
 
Upaya lain meningkatkan daya saing, lanjut dia dengan mengembangkan program penelitian yang arahnya untuk menjawab tantangan global yang dihadapi masyarakat saat ini.
 
"Kami berharap lulusan UNIB memiliki daya saing tinggi di dunia kerja, baik di dalam negeri maupun luar negeri," kata Retno.
 
Sementara Plt Gubernur Bengkulu Rosjonsyah menyatakan dukungan penuh pemerintah daerah terhadap upaya UNIB menjadi universitas kelas dunia.
 
Menurut dia, UNIB tidak hanya menjadi kebanggaan daerah, tetapi juga harapan besar bangsa Indonesia dalam menghasilkan generasi intelektual yang mampu bersaing di tingkat global.
 
"UNIB telah menunjukkan kemajuan luar biasa. Tidak hanya menjadi harapan daerah, tetapi juga menjadi harapan bangsa. Pilar utama untuk mencapai status universitas bertaraf internasional adalah kualitas akademik yang unggul dan riset yang inovatif," ujar Rosjonsyah.

Pewarta: Boyke Ledy Watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2024