Rejanglebong (Antara) - Pejabat Dinas Pendidikan Kabupaten Rejanglebong Provinsi Bengkulu menyebutkan hasil Ujian Nasional 2016 SMP sederajat di daerah ini menempati empat besar tingkat provinsi.

Menurut Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Rejanglebong Salamun, di Rejanglebong, Jumat, pencapaian hasil UN SMP sederajat daerah ini tahun 2016 secara keseluruhan memang rendah dibandingkan dengan daerah lainnya.

Namun perolehan nilai secara pribadi atau 10 besar se-provinsi cukup membanggakan dan mayoritas berasal dari Rejanglebong.

"Dari 10 siswa yang masuk 10 besar UN tertinggi tingkat Provinsi Bengkulu tahun 2016, enam di antaranya adalah pelajar SMP dari Rejanglebong," katanya lagi.

Raihan nilai UN tingkat SMP sederajat tertinggi di wilayah ini, kata dia lagi, berada tiga tingkat di bawah Kota Bengkulu yang menempati peringkat satu, dan diketahui dari laporan Dinas Pendidikan Provinsi Bengkulu yang mereka terima, terbanyak berasal dari SMPN 1 Curup Kota dan SMP Islam Terpadu Rabi Radiyah.

Pengumuman kelulusan siswa masing-masing sekolah akan dilaksanakan Sabtu (11/6), sehingga pelajar SMP sederajat di Rejanglebong diminta agar tidak melakukan aksi coret-coret merayakan kelulusan mereka. Apalagi saat ini sedang bulan Ramadan.

Selain itu, pelajar yang datang ke sekolah juga diwajibkan mengenakan pakaian muslim.

Penentuan kelulusan pelajar ini, kata dia, saat ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Penentuan kelulusan siswa sepenuhnya diserahkan kepada pihak sekolah penyelenggara UN masing-masing.

"Kelulusan itu ditentukan sekolah, yaitu nilai UN ditambahkan dengan nilai ujian sekolah dan selanjutnya akan menjadi nilai kelulusan siswa yang hasilnya akan dibagikan Sabtu, 11 Juni 2016," ujarnya pula.

Peserta UN SMP sederajat di Kabupaten Rejanglebong yang masuk dalam daftar nominasi tetap (DNT) 2016 sebanyak 4.153 siswa yang berasal dari 45 sekolah tersebar di 15 kecamatan, baik SMP/MTs negeri dan swasta.

Pelaksanaan UN tingkat SMP sederajat ini pada 9-12 Mei 2016 lalu.***4***

Pewarta: Nur Muhammad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016