Bengkulu (Antara) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu menyiagakan 170 pusat kesehatan masyarakat di 10 kabupaten dan kota untuk melayani masyarakat selama arus mudik dan balik Lebaran 2016.

Khusus puskesmas di lintasan arus mudik dan balik lebaran bersiaga penuh dengan membentuk pos kesehatan," kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu, Amin Kurnia di Bengkulu, Rabu.

Jalur arus mudik dan balik yang paling padat antara lain penghubung Bengkulu dengan Provinsi Sumatera Barat di wilayah Kabupaten Bengkulu Tengah, Bengkulu Utara dan Mukomuko.

Kemudia, jalur Bengkulu dengan Provinsi Lampung yang melintasi wilayah Kabupaten Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur.

Di jalur Bengkulu dengan Sumatera Selatan melintasi wilayah Bengkulu Tengah, Kepahiang dan Rejanglebong seluruh puskesmasnya disiagakan, ucapnya.

Pos kesehatan tersebut digabungkan dengan pos pelayanan dan pengamanan bersama aparat kepolisian.

Posn tersebut kata dia, dimulai tujuh hari sebelum dan tujuh hari sesudah Lebaran.

Untuk menyiagakan pelayanan selama arus mudik dan balik tersebut, Amin menambahkan telah menyurati kepala puskemas di seluruh kabupaten dan kota.

"Surat edaran sudah sampai ke seluruh Puskemas untuk bersiaga selama arus mudik dan balik. Begitu juga dengan obat-obatan dan peralatan kesehatan," katanya.

Ia mengimbau paramedis di puskesmas segera berkoordinasi dengan dinas kesehatan setempat terkait persediaan obat-obatan dan alat kesehatan.

Para pemudik yang menjadi korban kecelakaan harus ditangani segera oleh petugas puskesmas dan rumah sakit tanpa menunggu penanggung jawab, keluarga atau ahli waris.***4***

Pewarta: Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016