Rejanglebong (Antara) - Pelaksanaan pemilihan kepala desa (pilkades) serentak 61 desa di Kabupaten Rejanglebong, Provinsi Bengkulu, yang dilaksanakan Kamis, berlangsung aman dan lancar.

"Semua logistik untuk pelaksanaannya tidak ada yang bermasalah serta tidak ada gangguan keamanan," kata Wakil Ketua Tim Fasilitasi tingkat Kabupaten Rejanglebong Eddy Prawisnu.

Eddy yang juga yang juga Asisten Tata Praja Pemkab Rejanglebong mengatakan sejumlah desa telah diketahui para pemenangnya, antara lain empat desa di Kecamatan Curup Selatan, empat desa di Kecamatan Sindang Dataran, dua desa di Kecamatan Kota Padang, lima desa di Kecamatan Sindang Beliti Ilir, serta lima desa di Kecamatan Bermani Ulu Raya.

Berdasarkan pantauan pihaknya di lapangan bersama dengan Kapolres, Kejari dan Dandim 0409 Rejanglebong, pelaksanaan pilkades tersebut berlangsung dalam suasana yang kondusif, demokratis dengan angka partisipasi pemilih yang tinggi.

Untuk itu, dia berharap suasana yang kondusif masyarakat desa tetap terus terjaga hingga usai seluruh rangkaian pilkades serentak tersebut. Dengan demikian roda pembangunan di desa tidak terganggu.

Sementara itu pantauan di delapan desa dalam Kecamatan Curup Utara yang melaksanakan Pilkades serentak terlihat antusiasme masyarakat daerah itu cukup tinggi dengan banyaknya warga yang mendatangi TPS dan menyaksikan proses pemilihan hingga penghitungan suara.

Selain itu di sejumlah lokasi ini para calon Kades yang bertarung juga menyiapkan aneka makanan dan minuman yang disajikan kepada para warga yang akan berangkat ke TPS.

"Kalau disini sudah biasa, para calon Kades yang maju dalam pemilihan menyiapkan sanjian makanan dan minuman. Apalagi sampai para calon itu menang, maka akan langsung diadakan jamuan makan dan minum gratis," kata Amrul, salah seorang warga Desa Batu Panco, Kecamatan Curup Utara.***2***

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016