Mukomuko (Antara) - Badan Koordinasi, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memberikan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi (Alkon) gratis bagi sebanyak 230 pasangan usia subur (PUS) di Kecamatan Manjuto, Selasa.

"Pelayanan pemasangan alat kontrasepsi gratis ini dalam rangka pencanangan Tentara Manunggal KB Kesehatan (TMKK)," kata Kabid Keluarga Berencana dan Keluarga Sehat Badan Koordinasi, Keluarga Berencana, dan Pemberdayaan Perempuan Kabupaten Mukomuko Edwin Harnani, di Mukomuko, Selasa.

Ia mengatakan hal itu saat memberikan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi gratis di acara TMKK di Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto.

Ia menyebutkan, sebanyak 230 PUS tersebut, terdiri dari 20 orang alat kontrasepsi IUD, sebanyak 60 implan, sebanyak 100 orang suntik, dan 50 kondom.

Ia mengatakan, karena pencanangan TMKK dilaksanakan di Desa Agung Jaya, Kecamatan Air Manjuto sehingga pelayanan pemasangan alkon itu bagi warga beberapa desa di kecamatan itu, termasuk Desa Selagan Jaya, Kecamatan Kota Mukomuko.

Ia mengatakan, setelah pencanangan TMKK di wilayah itu, selanjutnya kegiatan pelayanan pemasangan alkon bagi warga setempat dilanjutkan di kecamatan lain di daerah itu.

Ia mengatakan, sebelumnya tim pelayanan KB keluarga sudah keliling memberikan pelayanan pemasangan alat kontrasepsi gratis bagi warga setempat.

Ia mengatakan, pelayanan pemasangan alkon ini tidak mengenal usia. Sepanjang dia masih berstatus PUS tetap dilayani.

"Baik itu peserta KB baru maupun yang ulangan tetap kita berikan pelayanan," ujarnya.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2016