Mukomuko,(Antara) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera menetapkan desa terbaik yang akan mewakili daerah itu mengikuti lomba desa tingkat provinsi.
"Kita segara tetapkan desa terbaik setelah lebaran tahun ini," kata Kabid Pemerintah Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Eka Purwanto di Mukomuko, Rabu.
Ia mengatakan saat ini sudah ada 15 desa terbaik yang mewakili kecamatannya untuk mengikuti perlombaan desa terbaik tingkat kabupaten.
Eka mengatakan pemerintah setempat melibatkan semua pihak untuk menjadi anggota tim penilai lomba desa tingkat kabupaten setempat.
Ia menyebutkan anggota tim itu terdiri dari bidang pemerintahan pemerintah setempat, kewilayahan, bidang kesejahteraan, lintas sektoral, Bapelitda, Dinas Kesehatan, Dinas Kependudukan dan Cacatan Sipil, kepolisian, BPBD dan akademisi.
Eka mengatakan setiap anggota tim itu akan memberikan penilaian sesuai dengan bidangnya masing-masing, kemudian hasil penilaian tersebut direkapitulasi.
"Anggota tim ini memberikan penilaian terkait kelebihan dan kekurangan desa yang menjadi peserta perlombaan," ujarnya.
Kemudian, lanjutnya, bupati setempat yang akan menetapkan tiga desa terbaik tingkat kabupaten setempat. Tetapi dari tiga desa tersebut hanya satu desa yang mewakili daerah itu mengikuti lomba desa tingkat provinsi.
Ia menjadwalkan penetapan desa terbaik tingkat kabupaten setelah lebaran. Kemudian dilanjutkan penilaian desa tingkat provinsi setempat.
Karena pada bulan Juli 2017 nama desa terbaik tingkat provinsi diserahkan kepada pemerintah pusat untuk mendapatkan penilaian dari panitia pusat.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017