Bengkulu (Antara) - Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu mengajak masyarakat setempat mewaspadai berbagai serangan penyakit yang diakibatkan kondisi pancaroba.

Kepala Dinkes Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu, Kamis, menyebutkan, ada beberapa penyakit yang patut diwaspadai seperti diare, berbagai pada usus, flu, dan demam.

"Semua berbahaya, tapi ada dua penyakit berbahaya yang penting diwaspadai yakni DBD dan malaria," kata dia.

Sudah dua minggu terakhir, katanya, Provinsi Bengkulu memasuki musim hujan dengan intensitas ringan sampai tinggi.

Hal itu menyebabkan berbagai bakteri berkembang biak pada genangan air, begitu juga dengan kembang biak nyamuk penular malaria dan DBD.

"Sangat penting untuk menjaga kondisi lingkungan untuk tetap bersih, ayo kita tingkatkan kepedulian," kata dia lagi.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu juga mengajak seluruh elemen masyarakat ikut dalam program "Gerakan masyarakat hidup sehat" (Germas) untuk menghadapi berbagai tantangan kesehatan akibat pancaroba ini

Menurut dia pemutakhiran sarana dan prasarana infrastruktur kesehatan, bukanlah menjadi jaminan bagi masyarakat guna mendapatkan kehidupan yang sehat. ?

"Yang paling penting itu adalah tindakan promotif preventif, jadi kita mencegah sebelum sakit, dan itu hanya bisa terjadi jika masyarakat mengubah pola hidup dengan gaya hidup sehat," ucapnya.

Masyarakat menurut Herwan harus meningkatkan kebugaran fisik, caranya dengan olahraga teratur setiap hari, setidaknya selama 30 menit.

Pekerjaan yang memanfaatkan kekuatan fisik katanya berbeda dengan olahraga, namun masyarakat, banyak yang menyalahartikan bahwa dengan kerja sehari-hari saja sudah cukup untuk mengganti olahraga.**4***

Pewarta: Boyke LW

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017