Mukomuko (Antara) - Bupati Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menginstruksikan kepada seluruh organisasi perangkat daerah (OPD) setempat untuk terlibat dalam gerakan Jumat bersih untuk menjaga kebersihan lingkungan di daerah tersebut.

"Bupati mengeluarkan instruksi kepada OPD wajib mendukung dan terlibat Jumat bersih yang merupakan gerakan masyarakat hidup bersih," kata Sekretaris Daerah Kabupaten Mukomuko, Syafkani di Mukomuko, Kamis.

Sekretaris Daerah Pemerintah Kabupaten Mukomuko Syafkani mewakili bupati setempat mengatakan hal itu saat membuka acara sosialisasi Germas yang digelar oleh Kementerian Kesehatan di daerah itu.

Syafkani menjelaskan, instruksi bupati kepada seluruh OPD ini tidak hanya bergotong royong membersihkan lingkungan sekitar, tetapi juga senam dan berangkat ke kantor menggunakan sepeda.

"Kita melakukan itu agar OPD setempat menerapkan pola bergerak dan hidup bersih dan sehat," ujarnya.

Selain itu, ia minta, OPD melakukan berbagai kegiatan sosial yang bertujuan untuk menggerakkan masyarakat melakukan gerakan Jumat bersih di lingkungan tempat tinggalnya masing-masing.

Menurutnya gerakan Jumat bersih ini dalam rangka mensosialisasikan gerakan masyarakat hidupo sehat kepada masyarakat.

"Meskipun kegiatan seperti itu seremonial tetapi nyata hasilnya," ujarnya.

Ia beharap, pelaksanaan gerakan Jumat bersih ini sampai ke seluruh desa yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu.

Tidak hanya pemerintah daerah setempat yang melakukan gerakan Jumat sehat, termasuk PKK melakukan kegiatan yang sama yang dikemas dalam 10 program PKK.***4***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2017