Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menargetkan pencocokan dan penelitian (Coklik) daftar pemilih untuk Pemilu 2019 di daerah itu pada pertengahan tahun ini.

"Coklik pertengahan tahun ini. Sekarang ini kami menunggu pengiriman data penduduk potensial pemilih pemilu (DP4) dari KPU RI agar panitia pendaftaran pemilih (Pantarlih) bisa menjalankan tugasnya," kata Komisioner KPU Kabupaten Mukomuko Ramadhan Gusti di Mukomuko, Rabu.

Ia mengatakan, hingga sekarang lembaganya belum menerima DP4 dari KPU RI. Lembaga itu membutuhkan DP4 itu untuk melaksanakan tahapan Pemilu 2019, mulai dari pendaftaran pemilih oleh Pantarlih, kemudian pencocokan dan penelitian.

Ia mengatakan, DP4 untuk Pemilu 2019 di daerah itu masih menggunakan data penduduk yang lama tahun 2017, yakni sebanyak 174.742 orang.

DP4 tersebut sesuai dengan data dari Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil setempat yang telah diserahkan ke Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 2017.

Kemudian data penduduk di daerah tersebut diserahkan oleh Kemendagri kepada KPU RI.

Selanjutnya KPU RI menyerahkan DP4 tersebut kepada KPU setempat untuk dilakukan pemuktahiran data pemilih dan pencocokan dan penelitian pemilih Pemilu.

"Data itu sebagai acuan untuk menerapkan daftar pemilih sementara dan daftar pemilih tetap untuk Pemilu 2019 di daerah ini," ujarnya.***2***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018