Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat untuk mewaspadai cuaca ekstrem yang diperkirakan melanda wilayah Kota Bengkulu dan sekitarnya hingga tiga hari ke depan.

"Diperkirakan tiga hari ke depan, Bengkulu dilanda angin kencang dan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat," kata Kepala Seksi Data dan Informasi BMKG Bengkulu Sudiyanto di Bengkulu, Selasa.

Ia mengatakan selain angin kencang dan hujan, cuaca ekstrem juga membuat perairan Bengkulu perlu diwaspadai karena selama tiga hari ke depan, gelombang tinggi hingga 3,5 meter berpotensi terjadi di perairan wilayah ini.

"Nelayan dan warga yang berkegiatan di pesisir perlu waspadai ketinggian gelombang 3,5 meter, terutama nelayan kapal tradisional," ucapnya.

Gelombang tinggi tersebut juga terjadi di perairan Pulau Enggano, pulau terluar berjarak 106 mil laut dari Kota Bengkulu.

Menurut Sudiyanto, cuaca ekstrem yang ditandai dengan angin kencang dan hujan terjadi karena ada tekanan rendah di Samudera Hindia dan suhu muka laut menghangat antara 27 sampai 29 derajat Celcius.

Kecepatan angin di wilayah ini antara 20 hingga 40 kilometer per jam dan suhu 23 hingga 31 derajat Celcius. ***4***

Pewarta: Helti Marini S

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018