Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah menyalurkan sebanyak 20 kilogram (Kg) racun untuk membasmi hama tikus yang menyerang tanaman padi kepada dua kepada kelompok tani di dua desa di Kecamatan Selagan Raya.

"Kami telah menyerahkan sebanyak 20 kg ke Badan Penyuluhan Pertanian (BPP) selanjutnya pihak BPP yang menyalurkan racun tikus kepada dua kelompok tani di Desa Lubuk Bangko dan Desa Talang Buai," kata Kasi Produksi Tanaman Pangan dan Holtukultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sugiyanto di Mukomuko, Senin.

Ia menyebutkan, seluas 75 hektare lahan tanaman padi milik kelompok tani di Desa Lubuk Bangko, Kecamatan Selagan Raya, tetapi hanya sebagian atau spot tertentu di lahan tanaman padi milik kelompok tani di wilayah itu yang diserang hama tikus.

Baca juga: Distan cek tanaman padi diserang hama tikus

Selain itu, katanya, hama tikus juga menyerang sebagai lahan tanaman padi milik kelompok tani di Desa Talang Buai.

Ia menyatakan, instansinya memberikan bantuan racun untuk mengatasi hama tikus berdasarkan luas lahan tanaman padi yang diserang hama tikus.

Sebelumnya, katanya, Instansinya juga menyerahkan bantuan sebanyak 20 kg racun tikus yang menyerang tanaman padi kepada kelompok tani di Desa Arah Tiga.

Ia menyatakan, instansinya memberikan bantuan racun tikus kepada tiga kelompok tani di daerah itu agar hama tikus itu tidak merusak tanaman padi milik kelompok tani lainnya.

Ia memperkirakan, tidak seluruh tanaman padi yang diserang hama tikus itu puso atau gagal panen. Masih ada tanaman padi yang bertahan, namun produksi gabah kering panen turun.***3***

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018