Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Bupati Mukomuko Choirul Huda dan Wakilnya Haidir selama tahun 2017 telah membangun berbagai fasilitas penunjang objek wisata Danau Nibung di daerahnya.

 
Bupati Mukomuko Chairul Huda dan Wakilnya Haidir membangun berbagai fasilitas objek wisata Danau Nibung guna meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan dari dan luar daerah itu .

Berbagai fasilitas penunjang objek wisata Danau Nibung tersebut meliputi pos jaga, gapura, portal pintu masuk, serta sarana untuk tempat mandi, cuci dan kakus (MCK).

Pembangunan berbagai fasilitas penunjang di objek wisata Danau Nibung tersebut telah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke danau tersebut.

Selanjutnya Pemerintah Kabupaten Mukomuko melalui Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata setempat akan memunggut retribusi dari objek wisata Danau Nibung untuk menambah pendapatan asli daerah setempat. 

Lokasi Danau Nibung, Mukomuko.
Petugas Dinas Pemuda, Olahraga dan Pariwisata Kabupaten Mukomuko yang akan memunggut sendiri retribusi dari objek wisata Danau Nibung.
Besaran retribusi karcis masuk ke lokasi objek wisata tersebut sesuai dengan peraturan daerah (Perda) Nomor 20 tahun 2011 tentang retribusi tempat rekreasi dan olahraga.

Berdasarkan peraturan tersebut, katanya, orang dewasa membayar karcis masuk objek wisata sebesar Rp2.000 dan anak-anak sebesar Rp1.000.
Pemerintah daerah setempat baru pertama kali memunggut retribusi dari objek wisata di daerah itu. Pemerintah daerah setempat memunggut retribusi dari objek wisata itu karena ramai dikunjungi oleh warga dari dan luar daerah itu.

Pemerintah daerah setempat menargetkan pendapatan daerah dari sektor pariwisata sebesar Rp9 juta pada tahun ini.
Mukomuko Rutin Promosikan Danau Nibung
Danau Nibung Mukomuko
Pemerintah Kabupaten Mukomuko setiap tahun rutin mempromosikan objek wisata Danau Nibung melalui berbagai kegiatan lomba perahu dan tarian gandai di kawasan Danau Nibung.

Pemerintah daerah setempat setiap tahun rutin mempromosi objek wisata kepada warga masyarakat dari dan luar daerah itu.

Selain itu pemerintah daerah setempat mempromosikan objek wisata andalan di daerah itu melalui berbagai media massa lokal hingga nasional.
Kegiatan promosi ini bertujuan untuk meningkatkan jumlah wisatawan dari dan luar daerah itu yang berkunjung ke objek wisata Danau Nibung.
Kapal Untuk Penggujung Danau Nibung

Pihak swasta menyediakan sejumlah kapal khusus sebagai sarana pengangkut pengunjung ke sejumlah tempat dalam lokasi objek wisata Danau Nibung.
Sudah ada kapal kapal khusus pengangkut pengunjung Danau Nibung.

Kapal tersebut dilengkapi dengan surat izin usaha untuk operasional kapal khusus pengunjung objek wisata Danau Nibung di daerah itu.
Surat izin usaha itu sebagai salah bentuk komitmen pihak swasta untuk mengutamakan keselamatan penumpang.

Kemudian melengkapi keselamatan penumpang, menggunakan tenaga berpengalaman sesuai dengan undang-undang, ramah dalam memberi pelayanan, tempat bersandar kapal di tempatkan pada tempat yang mudah diakses.

Selaian itu menjaga kelestarian lingkungan danau, tidak membuang sampah ke danau.tida menempatkan/memuat penumpang melebihi kapasitas.
Kapal tersebut beroperasi mulai pagi hingga sore hari, kapal tersebut dilengkapi "Sound System", untuk daya tarik kapala dihiasi ornamen yang menarik dan diberi nama.(Adv)

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018