Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2018 ini menambah tiga unit mobil ambulans untuk tiga puskemas guna meningkatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di daerah itu.

"Rencananya tiga mobil ambulans itu untuk dua puskesmas nonperawatan dan satu unit mobil ambulans untuk puskesmas perawatan," kata Kepala Bidang Bimbingan Kesehatan Masyarakat Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Heri Junaidi di Mukomuko, Minggu.

Ia mengatakan anggaran untuk pembelian sebanyak tiga unit mobil ambulans tersebut sebesar Rp1,1 miliar dari Rp2 miliar dana alokasi khusus (DAK) bidang kesehatan tahun 2018.

Sedangkan sisa dana kesehatan tahun 2018 ini untuk membeli kendaraan roda dua sebanyak dua unit untuk petugas puskesmas dan lima unit kursi pelayanan pemeriksaan gigi.

Ia mengatakan dua puskesmas nonperawatan dan satu perawatan mendapat penambahan mobil ambulans karena mobil ambulans yang ada di puskesmas tersebut sudah tua sehingga sering mogok.

Sedangkan satu unit mobil ambulans di Puskesmas Kecamatan Air Rami sudah lama mengalami kerusakan sehingga mobil tidak bisa melayani masyarakat setempat.

Terkait dengan pelaksanaan pengadaan tiga mobil ambulans untuk tiga puskesmas di daerah itu secepatnya setelah petunjuk pelaksanaan DAK untuk pembeliannya keluar dari Kementerian Kesehatan.

"Tahun ini belum keluar petunjuk pelaksanaan DAK bidang kesehatan dari Kementerian Kesehatan," ujarnya.

Pewarta: Ferri Aranto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018