Bengkulu (Antaranews Bengkulu) - Komisi Pemilihan Umum Kota Bengkulu menggelar simulasi pemungutan suara Pilkada 2018 bagi pelajar setempat sebagai salah satu bentuk sosialisasi bagi pemilih pemula.

"Mereka pemilih pemula, harus tahu seperti prosesnya sehingga kualitas dan kuantitas suara dari segmen ini menjadi lebih baik," kata Komisioner KPU Kota Bengkulu M. Alim yang membimbing simulasi di Bengkulu, Kamis.

Menurut dia, kegiatan simulasi tersebut juga bertujuan untuk meningkatkan minat pelajar, khususnya pemilih pemula terhadap pemilu.
 
Simulasi Pilkada terhadap pelajar di Bengkulu. (Foto Antarabengkulu)


"Tidak hanya jangka pendek, namun juga untuk jangka panjang, ke depan bukan memberikan suara saja, tapi juga terlibat dalam proses pemilu," katanya.

Keterlibatan pelajar ini dipraktikkan dalam simulasi, baik pemilih, penyelenggara, pengawas maupun kandidat diperagakan oleh para pelajar.

Tujuh pelajar menjadi KPPS, empat orang menjadi pemantau pemilu, dua orang pengamanan TPS, dan satu orang sebagai perwakilan pengawas pemilu.

Sejumlah siswa lainnya menjadi pemilih, mereka satu per satu mempraktikkan seperti apa tahapan proses pemungutan suara di TPS.
 
Simulasi Pilkada terhadap pelajar di Bengkulu. (Foto Antarabengkulu)


Kegiatan simulasi tersebut diikuti oleh seluruh perwakilan pelajar sekolah menengah atas dan kejuruan yang ada di Kota Bengkulu.

Selain kegiatan sosialisasi, saat ini Pilkada Bengkulu juga sudah memasuki tahapan kampanye pasangan calon.

Sebelumnya pada 12 Februari 2018, KPU telah menetapkan empat pasang calon yang maju pada Pilkada serentak 2018 yakni, nomor urut satu, calon independen Mayor Inf David Suardi yang berpasangan dengan Bakhsir, nomor urut dua Ketua DPRD Kota Bengkulu, Erna Sari Dewi yang menggandeng Ahmad Zarkasi dan diusung parpol Nasdem, PKS serta PPP.

Wali kota petahana Helmi Hasan dengan nomor urut tiga, ia bersama calon wakilnya Dedy Wahyudi diusulkan oleh parpol PAN, Gerindra dan Partai Demokrat. Pasangan nomor urut empat yakni wakil wali kota petahana Patriana Sosialinda--Mirza yang diusung Golkar, PDIP dan Hanura.

Pewarta: Boyke ledy watra

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018