Rejang Lebong (Antaranews Bengkulu) - Komando Resort Militer (Korem) 041/Garuda Mas, Bengkulu, tahun 2019 ini melaksanakan program pencetakan sawah baru di Kabupaten Mukomuko seluas 400 hektare.

Danrem 041/Garuda Mas Kolonel Inf Irnando Arnold B Sinaga, saat berada di Rejang Lebong, Minggu, mengatakan program pencetakan sawah baru oleh Kementerian Pertanian tersebut dilaksanakan prajurit TNI dalam rangka menyukseskan program swasembada pangan nasional.

"Untuk di Provinsi Bengkulu yang ditunjuk oleh pemerintah pusat hanya di Kabupaten Mukomuko seluas 400 hektare," katanya.

Kabupaten Rejang Lebong sendiri, kata dia, tidak mendapat program cetak sawah baru. Pengajuan program itu dilakukan oleh dinas pertanian. TNI menentukan dapat atau tidaknya program tersebut di satu kabupaten.

Program pencetakan sawah baru di Kabupaten Mukomuko itu sendiri dilaksanakan di bekas lahan perkebunan sawit. Sawah baru itu per hektarenya bisa menghasilkan hingga 8 ton gabah kering panen.

"Saat ini yang menerima program ini baru di Mukomuko, sedangkan daerah lainnya infrastrukturnya belum siap," tambah dia.

Sebelumnya Dinas Pertanian Rejang Lebong menyebutkan daerah itu pada tahun 2018 ini akan menerima program pencetakan sawah yang sudah direncanakan sejak 2016 di atas lahan seluas 360 hektare dengan pelaksana prajurit TNI.

Rencana pencetakan sawah baru itu semula akan dilaksanakan di enam kecamatan, yaitu Kecamatan Kota Padang, Sindang Beliti Ulu, Sindang Beliti Ilir, Sindang Kelingi dan Bermani Ulu Raya serta Kecamatan Selupu Rejang.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018