Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, memastikan bantuan bibit padi unggul jenis Mikongga untuk kelompok tani di daerah ini asli bukan palsu.

“Masalahnya hanya di kemasannya saja, kalau isinya tetap bibit padi jenis Mikongga,” kata Kabid Tanaman Pangan dan Holtikultura Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Wahyu Hidayat di Mukomuko, Rabu.

Sejumlah petani yang menerima bantuan benih padi jenis Mikongga dari pemerintah provinsi setempat menemukan kemasan yang bertuliskan bibit padi Mikongga setelah digosok ternyat bibit padi jenis lain.

Ia menyatakan, pihaknya telah diminta keterangan terkait dengan beredarnya bantuan bibit padi unggul jenis Mikongga untuk petani setempat yang diduga palsu oleh pihak Kepolisian Sektor Kecamatan V Koto.

Instansinya dalam hal ini tidak mengetahui soal kegiatan pengadaan bibit padi untuk petani setempat karena yang melaksanakan kegiatan itu adalah pemerintah provinsi setempat.

Kendati demikian, instansinya telah berkoordinasi dengan Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan perovinsi setempat dan pihak PT Pertani sebagai penyedia barang dan jasa pemerintah.

Berdasarkan keterangan dari pihak PT  Pertani, bibit padi unggul itu jenis Mikongga. Hanya kemasan bibit padi jenis lain yang disablon untuk kemasan bibit padi unggul jenis Mikongga.

Sedangkan isi kemasan bibit padi tersebut, katanya, tetap asli Mikongga atau sesuai dengan proposal usulan bantuan bibit padi jenis Mikongga dari kelompok tani di daerah ini.

Selanjutnya, pihak PT Pertani yang akan menjelaskan soal keaslian bibit padi unggul untuk kelompok tani di daerah ini kepada aparat kepolisian sektor di wilayah ini dan petani setempat.

“PT Pertani yang lebih mengetahui bahwa bibit padi itu asli jenisMikongga, bukan bibit padi jenis lain,” ujarnya pula.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018