Mukomuko (Antaranews Bengkulu) - Harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tercatat mengalami penurunan Rp30 hingga Rp80 per kilogram dibandingkan sebelumnya.

"Harga pembelian buah sawit mengalami penurunan berkisar Rp30-Rp80 per kg di seluruh pabrik di daerah ini. Harga sawit turun dari sebesar Rp950 per kg-Rp1.120 per kg menjadi Rp950 per kg-Rp1.040 per kg,” kata Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto di Mukomuko, Selasa.

Harga pembelian tandan buah segar oleh sejumlah pabrik kelapa sawit di daerah ini turun setelah harga buah sawit yang ditetapkan oleh tim perumus komoditi perkebunan pemerintah provinsi turun seminggu yang lalu.

Ia menyatakan, meskipun harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh pabrik di daerah ini turun, namun harga pembelian oleh pabrik daerah ini lebih tinggi dibandingkan dengan harga penetapan tim perumus harga komoditi perkebunan provinsi setempat, yakni sebesar Rp935 per kg.

Bahkan dari harga penetapan sebesar Rp935 per kg itu, pabrik diberikan toleransi sebesar lima persen untuk membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani di daerah ini.

Ia menyebutkan, saat ini pabrik PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat sebesar Rp950 per kg, kemudian pabrik PT KSM membeli sawit petani sebesar Rp980 per kg,

Kemudian harga pembelian sawit oleh PT MMIL sebesar Rp980 per kg, dan PT S3 sebesar Rp1.000 per kg, PT SAP Rp1.025 per kg, PT AMK Rp995 per kg, PT DDP Kecamatan Ipuh dan Desa Lubuk Bento Rp1.040 per kg.

Lalu pabrik PT BMK membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga sebesar Rp1.040 per kg dan harga pembelian sawit oleh PT GSS sebesar 1.060 per kg.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018