Mukomuko (Antaranews Bengkulu) – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan mengajarkan penggurus dan anggota organisasi Dharma Wanita di daerah ini tentang cara membuat sabun cuci piring.

“Kami akan mempraktekkan langsung cara pembuatan sabun cuci piring kepada penggurus dan anggota Dharma Wanita, Rabu (5/12), saat acara pertemuan rutin penggurus dan anggota Dharma Wanita di daerah ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Saroni di Mukomuko, Selasa.

Ia menyebutkan, sekitar 50 orang penggurus dan anggota organisasi Dharma Wanita di daerah ini yang akan mengikuti kegiatan ini.

Menurutnya, kegiatan seperti ini merupakan bagian dari kegiatan teknologi tepat guna di dinas ini. Kegiatan ini bertujuan untuk membantu meringankan pengeluaran keluarga di daerah ini.

Karena dengan modal yang relatif sedikit untuk membeli bahan baku untuk membuat sabun cuci piring ini, keluarga di daerah ini bisa menghasilkan sabun ini dalam jumlah yang besar.

Ia menyebutkan, dengan modal sebesar Rp80 ribu untuk membeli berbagai bahan baku seperti salah satunya bahan kimia di Apotek, bisa untuk membuat sebanyak 20 liter sabun cuci piring.

“Bahan baku untuk membuat sabun cuci piring ini tidak ada di daerah ini. Kami memasan bahan bakunya di Medan,” ujarnya.

Ia menyebutkan, bahan untuk membuat sabun cuci piring ini, yakni sebanyak 15 liter air bersih, serbuk Sodium Lauril Sulfate, garam khusus, Texapon berbentuk gel, pewarna dan pewangi.

Sedangkan peralatan yang disiapkan, yakni ember, pengaduk, gayung, corong, jerigen dan saringan.

Ia menjelaskan, cara pembuatannya, masukkan air ke dalam ember dengan jumlah sesuai keinginan, untuk satu paket dapat digunakan air sebanyak 15 liter agar tidak terlalu encer, kemudian  masukkan Sodium Lauril Sulfate dan aduk lagi hingga padatannya larut.

Lalu Masukkan garam sedikit demi sedikit sambil diaduk. Pemberian garam dilakukan sampai adonan terasa mengental dan sesuai dengan keinginan.Masukkan Texapon dan aduk dengan menggunakan kayu hingga padatan gel tersebut larut dengan merata.

Kemudian masukkan pewarna dan pewangi, lalu aduk hingga tercampur merata. Selanjutnya diamkan selama 24 jam dalam ruangan tertutup, setelah itu adonan akan memiliki tekstur seperti Sunlight.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2018