Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyebutkan program pembentukan kolam percontohan di daerah itu akan melibatkan 14 kelompok tani tersebar dalam tiga kecamatan.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Rejang Lebong, Taman, saat dihubungi di Rejang Lebong, Jumat, mengatakan program pembuatan kolam percontohan tersebut memanfaatkan dana yang berasal pemerintah pusat yakni DAK 2019.

"Program ini memanfaatkan dana yang berasal dari pemerintah pusat. Nantinya setiap kelompok tani akan menerima bantuan dana untuk pengembangan usaha kolam ikan sebesar Rp40 juta," ujarnya.

Pengembangan usaha ini tambah dia, akan dipusatkan dalam tiga kecamatan di Rejang Lebong yakni Kecamatan Padang Ulak Tanding, Kecamatan Bermani Ulu dan Kecamatan Curup Utara.
Dipilihnya ketiga kecamatan itu karena selama ini sudah dikenal sebagai sentra penghasil ikan air tawar di Rejang Lebong. Sehingga kalangan petani ikan yang tergabung dalam kelompok tani di masing-masing menjadi sasaran program tersebut.

"Untuk mendapatkan bantuan ini masing-masing kelompok dari ketiga kecamatan itu harus mengajukan permintaan dalam bentuk proposal, di mana nantinya akan disurvey guna menentukan kelompok mana saja yang berhak menerimanya," kata Taman.

Selain akan memberikan bantuan permodalan usaha pembentukan kolam percontohan, pihaknya juga akan memberikan bantuan benih ikan dari berbagai jenis untuk kelompok tani yang ada di wilayah itu dengan jumlah mencapai 200.000 ekor.

Bantuan benih ikan yang akan disalurkan ini guna meningkatna produksi perikanan air tawar di Rejang Lebong, dengan memanfaatkan benih ikan yang diproduksi oleh empat Balai Benih Ikan (BBI) yang ada di daerah itu.


 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019