Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, berharap tahun 2020 adanya bantuan anggaran dari pemerintah pusat untuk mengembangkan potensi objek wisata yang ada di daerah ini.

Kabid Pariwisata Dinas Pariwisata, Kepemudaan dan Olahraga Kabupaten Mukomuko Yulia Reni dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat, mengatakan pemerintah setempat dan instansinya keterbatasan anggaran untuk mengembangkan potensi objek wisata yang ada di daerah ini.

“Dinas ini tidak bisa berbuat banyak untuk meningkatkan objek wisata di daerah ini. dalam rancangan kami ada perhatian pemerintah pusat mengucurkan dana untuk mengembangkan objek wisata ke daerah ini,” ujarnya. 

Ia menargetkan pemerintah daerah setempat pada tahun 2020 mendapatkan alokasi anggaran sebesar Rp5 miliar untuk mengembangkan berbagai objek wisata di daerah ini dari pemerintah pusat.

Ia menyatakan, pemerintah setempat siap mengalokasikan anggaran sebesar Rp500 juta yang bersumber dari APBD untuk dana pendamping kegiatan pengembangan objek wisata di daerah ini.

Selain itu pemerintah setempat juga mengharapkan tahun 2020 adanya bantuan anggaran pengembangan potensi objek wisata yang ada di daerah ini dari Pemerintah Provinsi Bengkulu.

“Kami mengusulkan anggaran sebesar Rp2 miliar untuk pengembangan objek wisata di daerah ini kepada Dinas Pariwisata provinsi setempat, kami berharap usulan tersebut diakomodir tahun depan,” ujarnya.  

Ia menjelaskan, rencananya anggaran sebesar Rp2 miliar untuk pembuatan merk objek wisata sebanyak 10 unit, pembangunan rambu-rambu penunjuk arah, pembangunan pusat kuliner sebanyak dua unit, pemasangan lampu taman (solar cell) sebanyak 30 unit, pembangunan menara pandang (viewing deck) tiga unit dan pembuatan jalur pejalan kaki/jalan dalam kawasan dan boardwalk.

Ia ingin, ke depan daerah ini bisa menjadi salah satu tujuan wisata di Provinsi Bengkulu bahkan nasional.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019