Mukomuko (ANTARA Bengkulu) - Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan melakukan penyemprotan secara massal kandang unggas warga setempat menggunakan disinfektan, untuk mengantisipasi virus flu burung.

"Kalau jadwal pelaksanaannya mulai hari Senin (8/10) hingga selesai," kata Kepala Bidang Peternakan Dinas Pertanian, Peternakan, Perkebunan, dan Kehutanan Kabupaten Mukomuko, Elxandi, di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan penyemprotan massal kandang unggas warga setempat itu, sebagai salah satu antisipasi setelah belasan ekor ayam ditemukan mati mendadak di daerah itu diduga diserang virus "tetelo" atau (Newcastle Deseases-ND).

Belasan ekor ayam yang mati mendadak, lanjutnya, ditemukan di Kelurahan Bandarratu pada Jumat (29/9) 10 ekor, dan di kelurahan yang sama pada Selasa (2/10) dua ekor ayam mati, dan Desa Ujungpadang Selasa (2/10) empat empat ekor ayam juga mati mendadak.

"Kemungkinan masih banyak lagi ayam mati mendadak tetapi tidak dilaporkan kepada petugas peternakan," ujarnya.

Sedangkan ciri-ciri ayam mati terserang virus "tetelo" atau ND ini kata dia, tidak jauh berbeda dengan virus flu burung, untuk itu perlu dilakukan penyemprotan massal ini juga sebagai bentuk antisipasi unggas terserang virus H5N1.(ant)


Pewarta:

Editor : Ferri Aryanto


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012