Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, mengerahkan sedikitnya 40 anggota polisi untuk menjaga keamanan rapat pleno penetapan calon anggota legislatif (Caleg) yang menjadi pemenang Pemilu 2019 di daerah ini.

“Jumlah anggota polisi yang akan menjaga keamanan rapat pleno KPU daerah ini sebanyak 40 orang,” kata Kabag Operasional Kepolisian Resor Kabupaten Mukomuko Kompol Hasdi dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Baca juga: KPU Mukomuko batal tetapkan caleg terpilih Pemilu 2019

Ia memastikan, puluhan anggota kepolisian resor setempat ini siap untuk menjaga keamanan rapat pleno penetapan calon anggota legislatif yang menjadi pemenang pemilu tahun ini.

Ia menyatakan instansinya sampai sekarang masih menunggu pemberitahuan lebih lanjut terkait waktu pelaksanaan rapat pleno penetapan caleg terpilih pada Pemilu 2019 dari KPU setempat.

“Rencananya rapat pleno penetapan caleg terpilih di daerah ini pada 3 Juli 2019, tetapi tidak jadi. Kemungkinan pelaksanaannya ditunda, dan sampai kapan penundaan rapat ini belum ada pemberitahuan,” ujarnya.


Baca juga: Polisi tangkap pencuri sepeda motor di Mukomuko

Kendati demikian, ia menyatakan anggota polisi daerah ini sudah siap kapan saja untuk menjaga keamanan dan ketertiban rapat pleno penetapan caleg terpilih pada Pemilu 2019 di daerah ini.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin dalam keterangannya mengatakan, lembaganya sebelumnya menerima surat terkait dengan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hasil Pemilu 2019 pascapencacatan nomor register perkara pada BRPK PHPU di Mahkamah Konsitusi dari KPU RI.

Menindaklanjuti surat dari KPU RI tersebut, ia mengatakan, lembaganya menetapkan kursi dan calon terpilih hasil Pemilu 2019 paling lambat lima hari setelah diterbitkan surat KPU RI yang menjelaskan bahwa KPU RI telah menerima surat panitera MK mengenai daftar daerah yang terdapat permohonan PHPU.

Sebelum KPU RI menerima surat resmi dari kepaniteraan MK, ia mengatakan, KPU setempat diminta untuk melakukan penundaan penetapan perolehan kursi dan calon terpilih hasil Pemilu 2019.


Baca juga: Polres Mukomuko ungkap kasus pencurian dengan pemberatan di Arah Tiga
Baca juga: Mukomuko perpanjang pendaftaran penerima bantuan sertifikat tanah

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019