Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Pertanian setempat tahun ini akan membagikan sebanyak 40 ekor kambing jenis peranakan etawa (PE) kepada lima kelompok tani di daerah ini.

“Rencananya bulan depan pembagian kambing kepada kelompok tani di daerah ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman di Mukomuko, Kamis.

Baca juga: Mukomuko bantu keluarga korban tenggelam di sungai

Pemerintah setempat tahun ini mengalokasikan dana sekitar Rp200 juta yang bersumber dari APBD untuk membeli sebanyak 40 ekor kambing PE untuk lima kelompok tani.

Ia mengatakan, pihak ketiga penyedia barang dan jasa pemerintah telah menandatangani kontrak kerja pengadaan sebanyak 40 ekor kambing PE selanjutnya mereka membeli barangnya.

“Proses sekarang ini pihak kontraktor menyiapkan kendaraan untuk mengangkut sebanyak puluhan kambing jenis peranakan etawa ini dari luar daerah ke daerah ini,” ujarnya pula.

Baca juga: 80 keluarga miskin di Mukomuko dapat bantuan bedah rumah

Ia memastikan, sebanyak 40 ekor kambing PE untuk lima kelompok tani di daerah ini dalam kondisi sehat sesuai dengan hasil survei instansinya belum lama ini.

Ia menyebutkan, sebanyak lima kelompok tani yang mendapat kambing jenis ini tersebar di sejumlah wilayah di daerah ini, yakni sebanyak dua kelompok tani di Kecamatan Penarik, dua kelompok tani di Kecamatan Selagan Raya dan satu kelompok tani di Kecamatan XIV Koto.

Masing-masing kelompok tani di daerah ini akan mendapatkan bantuan sebanyak delapan ekor kambing yang terdiri dari sebanyak tujuh ekor kambing jantan dan satu ekor kambing betina.


Baca juga: Bupati Mukomuko hadiri acara sunatan massal

Pemerintah setempat membeli sebanyak puluhan ekor kambing perah jenis peranakan etawa untuk pengembangan hewan ternak di daerah ini.

Satu kelompok tani di satuan pemukiman tiga Desa Bumi Mulya, Kecamatan Penarik tahun sebelumnya juga mendapatkan bantuan kambing PE dari pemerintah provinsi.

Baca juga: Bupati: Mukomuko sukses selenggarakan BBGRM tingkat provinsi
Baca juga: Dinkes dorong warga Mukomuko manfaatkan tanaman obat keluarga
Baca juga: MOS di Mukomuko dipastikan tidak ada ploncoan

Ia minta, petani memelihara kambing perah dengan baik sehingga mampu menghasilkan  susu dengan baik dan mampu bertambah populasinya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019