Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, akan menurunkan sebanyak puluhan orang petugas peternakan dan kesehatan hewan untuk memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban menjelang Hari Raya Idul Adha 2019.

“Kami sedang menyiapkan surat penugasan untuk puluhan petugas peternakan dan kesehatan hewan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa (6/8).

Sebanyak puluhan petugas peternakan dan kesehatan hewan tersebut terdiri dari 15 orang petugas peternakan dan kesehatan hewan kecamatan, enam petugas pusat kesehatan hewan (Puskeswan) ditambah beberapa orang petugas medis dan para medis di Puskeswan.

Petugas peternakan dan kesehatan hewan di daerah ini akan disebarkan ke seluruh lokasi pemotongan hewan baik rumah ibadah maupun di pemukiman penduduk yang tersebar di 15 kecamatan di daerah ini.

Petugas ini melakukan pemeriksaan kondisi kesehatan hewan kurban pada saat “antemortem” atau sebelum pelaksanaan pemotongan hewan kurban dan “postmortem”, setelah pemotongan hewan kurban.

Sedangkan stok hewan kurban yang disiapkan untuk Hari Raya Idul Adha tahun ini sekitar 1.200 ekor. Stok hewan kurban sebanyak itu yang ada di toke atau pedagang pengumpul hewan ternak, kelompok tani dan masyarakat petani.

Ia menyatakan, tidak tertutup kemungkinan jumlah hewan kurban yang disiapkan untuk Hari Raya Idul Adha bertambah. Penambahannya berasal dari masyarakat petani yang menjual hewannya.

Hewan kurban dari daerah ini tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat yang akan berkurban pada Hari Raya Idul Adha tetapi sebanyak 150 hewan kurban terutama sapi dikirim ke luar daerah ini.

“Sebanyak ratusan sapi kurban tersebut berasal dari kelompok tani daerah ini. Hewan kurban tersebut dikirim ke Provinsi Sumatera Barat, Pekan Baru dan Kabupaten Kerinci, Jambi,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019