Pengurus Masjid Darussalam Desa Medan Jaya, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyebutkan jumlah hewan kurban yang dititipkan di masjid terbesar wilayah itu pada Idul Adha 2019 sebanyak 10 hewan kurban, menurun dibandingkan tahun sebelumnya sebanyak 17 hewan.

“Jumlah hewan kurban di daerah ini turun karena hanya satu keluarga di wilayah ini yang berkurban secara pribadi, sisanya berkurban secara kelompok. Kalau tahun sebelumnya banyak keluarga yang berkurban secara pribadi,” kata Ketua Panitia Pelaksana Pemotongan Hewan Kurban Masjid Darussalam Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh, Jhon, di Mukomuko, Minggu.

Baca juga: Kesbangpolinmas dorong pembentukan lembaga adat di Mukomuko

Jumlah hewan kurban di Masjid Darussalam Desa Medan Jaya pada Idul Adha tahun 2018 sebanyak 17 ekor, mengalami kenaikan lebih dari 100 persen dibandingkan tahun 2017 yang hanya tujuh ekor.

Sebanyak 17 ekor hewan kurban yang dititipkan di Masjid Darussalam Desa Medan Jaya tahun 2018 terdiri dari 14 ekor sapi, satu ekor kerbau dan dua kambing.

Ia mengatakan, tahun ini sebanyak 10 ekor hewan kurban yang terdiri dari sebanyak lima ekor kerbau dan lima ekor sapi yang dititipkan di Masjid Darussalam Desa Medan Jaya, Kecamatan Ipuh pada Idul Adha 1440 Hijriah.


Baca juga: Mukomuko temukan hewan kurban terkena gejala jembrana

Ia menyatakan, Masjid Darussalam pada Idul Adha tahun ini akan membagikan sekitar 580 kupon hewan kurban kepada 580 keluarga warga di daerah itu, menurun dibandingkan sebelumnya sebanyak 600 kupon.

"Sebanyak ratusan kupon hewan kurban itu dibagi rata kepada seluruh keluarga warga di desa ini, sedangkan setiap keluarga warga menerima pembagian sama banyak,” ujarnya.

Ia menyatakan, pihaknya belum menentukan jumlah daging hewan kurban yang dibagikan kepada setiap keluarga warga di daerah itu. Pembagian disesuaikan dengan jumlah daging yang ada.

Ia mengatakan, setiap keluarga warga setempat bisa mendapatkan 0,9 kilogram hingga satu kilogram, tergantung dengan jumlah daging hewan kurban yang ada.

Sedangkan pelaksanaan pembagian daging hewan kurban kepada keluarga masyarakat setempat sekitar pukul 13.00 WIB.


Baca juga: Warga Mukomuko sembelih 1.017 hewan kurban

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019