Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu tahun ini mendapatkan bantuan 2.950 dosis vaksin mencegah rabies untuk hewan penular rabies peliharaan masyarakat dari pemerintah provinsi setempat.

“Sebanyak ribuan dosis vaksin mencegah rabies masih ada di dinas ini, setelah ini semua vaksin ini akan didistribusikan ke pusat kesehatan hewan (puskeswan) daerah ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Selasa.

Baca juga: Distan Mukomuko optimistis pendapatan RPH melebihi target

Ia mengatakan bantuan ribuan dosis vaksin mencegah rabies itu, untuk hewan penular rabies, seperti anjing, kucing, dan monyet peliharaan warga di daerah tersebut.

Petugas peternakan dan puskeswan yang tersebar di 15 kecamatan di daerah itu yang akan melakukan kegiatan vaksinasi terhadap ribuan hewan penular rabies milik masyarakat setempat.

Petugas peternakan dan puskeswan sebelum melakukan kegiatan vaksinasi anjing, kucing, dan monyet peliharaan masyarakat setempat akan menyosialisasikan kegiatan vaksinasi tersebut kepada masyarakat setempat.


Baca juga: Petugas temukan hewan kurban terkena hepatitis di Mukomuko

Ia berharap, masyarakat setempat mendukung kegiatan vaksinasi yang bertujuan mencegah penularan penyakit rabies dari satu hewan ke hewan lainnya serta penularan penyakit itu kepada manusia.

Ia menyebutkan setiap satu dosis vaksin untuk satu hewan penular rabies, sedangkan vaksin itu berfungsi mencegah hewan peliharaan masyarakat setempat mengidap penyakit rabies.

Ia menyatakan kegiatan pencegahan penyebaran dan penularan penyakit rabies di daerah itu tidak hanya dengan cara memberikan vaksin terhadap hewan penular rabies milik masyarakat setempat, akan tetapi juga dengan melakukan eliminasi atau pemusnahan hewan penular rabies yang liar.

Instansinya telah mengusulkan penambahan anggaran untuk operasional petugas yang melaksanakan kegiatan eliminasi anjing tidak bertuan yang berkeliaran di pemukiman penduduk di daerah itu.


Baca juga: BMKG pasang alat peringatan tsunami di Mukomuko
Baca juga: 74 nelayan Mukomuko usulkan sertifikat tanah gratis

Pewarta: Ferri Arianto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019