Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu mendistribusikan sebanyak 125.000 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik ke kecamatan-kecamatan daerah itu.

"Kami sudah mendistribusikan sebanyak 125.000 keping Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP) yang sudah jadi ke kecamatan untuk diberikan kepada masyarakat, sedangkan sisanya masih dalam tahap penyelesaian," kata Kepala Bidang Kependudukan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bengkulu, M Dani, Sabtu.

Dani mengatakan,persentase pencetakan e-KTP untuk Kota Bengkulu yang sudah dilayani oleh Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia mencapai sekitar 80 persen.

Untuk mengambil e-KTp di kecamatan masing-masing tersebut warga diharapkan membawa KTP lamanya agar dapat ditukarkan secara langsung dengan e-KTP.

"Selain membawa KTP lama, juga akan dilakukan pemindaian kembali sidik jari  pemilik e- KTP sehingga pendistribusiannya dapat akurat dan benar," katanya.

Ia mengimbau warga wajib KTP yang belum  melakukan perekaman data, sidik jari, iris mata dan tandatangan segera melakukannya ke kecamatan masing-masing sebab bila masih terdapat masalah pada datanya kami akan menunggu hingga selesai diperbaiki," ujarnya.

Ia menambahkan, e-KTP penting karena menurut edaran Menteri Dalam Negeri RI akan digunakan pada pemilihan Presiden 2014.

Kota Bengkulu termasuk sebagai daerah percontohan  yang menjadi bagian dari 197 kabupaten/kota pertama dalam penerapan KTP elektronik sejak 2011 dari 497 kabupaten/kota di Indonesia.

Daerah lain di Provinsi Bengkulu yang juga menerapkan KTP elektronik sejak 2011 yakni Kabupaten Seluma, Mukomuko dan Kepahiang.

KTP elektronik merupakan program nasional pemerintah yang mulai dilakukan sejak 2011 dengan tujuan mencegah adanya identitas ganda yang dimiliki seseorang, memudahkan pembuatan paspor,pertanahan, kesehatan dan sebagainya. (ant)

Pewarta:

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012