Bengkulu (ANTARA Bengkulu) - Wali Kota Bengkulu akan melelang mobil dinas Toyota Fortuner yang digunakan selama ini dan menggantinya dengan produk mobil rakitan anak negeri Kiat Esemka.

"Saya telah memesan satu unit mobil kiat esemka untuk dijadikan kendaraan dinas, sedangkan mobil  dinas yang saya gunakan selama ini akan dilelang dan uangnya disumbangkan ke koperasi wanita di Kota Bengkulu," kata Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi, Senin.

Lebih lanjut ia menjelaskan,  mobil esemka milik Wali Kota Solo Djoko Widodo sudah dicobanya langsung di halaman rumah dinas Jokowi beberapa hari lalu, karena sangat penasaran dengan mobil tersebut.

Kanedi yang akrab disapa "Bang Ken" merasa bangga dengan karya pelajar SMK Solo yang mampu menghasilkan kreasi dan kreatifitas pada bidang otomotif.

"Saya ke Solo bukti keseriusan saya mendukung para pelajar kreatif  Indonesia  untuk melihat langsung mobil Kiat Esemka tersebut," katanya.

Kendaraan buatan anak bangsa itu nantinya dijadikan kendaraan dinas bahkan semua  dinas instansi di lingkungan Pemkot Bengkulu dianjurkan untuk mengganti kendaraan dinas dengan mobil Esemka.

Mobil Kiat Esemka itu menjadi kendaraan dinas Wali Kota Bengkulu rencanannya akan diluncurkan pada 17 Agustus 2012 bertepatan dengan Hari Kemerdekaan RI sebagai penggunaan perdana mobil tersebut serentak di seluruh Indonesia.

"Saya sedang berkoordinasi kepada seluruh kepala daerah bahwa 17 Agustus 2012 sebagai bentuk kebangkitan produksi dalam negeri," tambahnya.

"Saya sangat senang atas adanya tanggapan positif  Wali Kota Bengkulu terhadap mobil  Esemka ini, apalagi beliau juga akan menggunakan Mobil Esemka itu sebagai kendaraan dinasnya," kata Wali Kota Solo yang akrab disapa Jokowi itu ketika bertemu dengan Kanedi.

Sementara itu salah seorang mahasiswa perguruan tinggi di Bengkulu Firdaus menyambut baik ide Wali Kota Bengkulu Ahmad Kanedi mengganti mobil dinas dengan mobil buatan anak bangsa.

"Ini merupakan langkah dan terobosan yang baik, karena itu kita harus mengapresiasi pimpinan daerah di seluruh Indonesia agar kreatifitas dan kemampuan anak bangsa merasa dihargai, sebab selama ini sudah banyak hasil karya anak bangsa sehingga tidak hanya mobil yang bisa dibanggakan," katanya.  (man)

Pewarta:

Editor : Helti Marini S


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2012