Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Bengkulu akan menyiagakan sekitar 100 tenaga kesehatan pada perhelatan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) Sumatera ke-X pada November mendatang. Paramedis ini akan disiagakan guna melindungi keselamatan atlet yang mengalami cedera.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu Herwan Antoni di Bengkulu mengatakan, tenaga kesehatan seperti dokter bedah, perawat dan tenaga kesehatan lainnya akan mendampingi setiap pertandingan dari 11 cabang olahraga yang dipertandingkan.

"Tenaga medis yang kita siagakan itu untuk para atlet yang mengalami masalah dari segi kesehatan, terutama saat bertanding dalam Porwil. Jadi tenaga medis nantinya bakal mendampingi pada 11 Cabor yang dilombakan," kata Herwan, Kamis.

Herwan menjelaskan, paramedis ini akan disiagakan mulai dari awal pertandingan, pembukaan hingga penutupan. Teknisnya, paramedis ini akan bekerja secara bergantian atau akan dibagi perwaktu.

Selain menyiagakan paramedis diarena pertandingan, kata Herwan, pihaknya juga telah menyiapkan rumah sakit dan fasilitas kesehatan lainnya untuk menangani para atlet yang mengalami cedera parah. Selain itu, Dinkes juga menyiapkan mobil ambulance disetiap arena pertandingan.

"Selain tenaga kesehatan dari Dinkes kita juga diperkuat relawan dari PMI yang bakal mengisi jika terjadi kekurangan. Kondisi kesehatan para atlet, menjadi perhatian utama pemerintah," papar Herwan.

Seperti diketahui, perhelatan Porwil Sumatera ke-X ini akan diikuti sekitar 1.526 atlet dari berbagai Provinsi di Pulau Sumatera. Perhelatan Porwil ini akan dilakukan di dua daerah yakni Kota Bengkulu difokuskan di Stadion Semarak dan lapangan sepak bola Kabupaten Bengkulu Selatan.

Kegiatan Porwil ini secara resmi akan dibuka pada 3 November mendatang dan berakhir pada 9 November. Pembukaan akan digelar di Stadion Semarak Kota Bengkulu.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019