Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Wakapolri) Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto, Selasa pagi (12/11) mengukuhkan kenaikan tipologi Polda Bengkulu dari tipe B menjadi tipe A. Upacara pengukuhan ini digelar di lapangan Mapolda Bengkulu.

Wakapolri mengatakan, kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini setelah menjalani proses kajian yang cukup panjang dan mendapatkan pertimbangan dari tim assessmen Mabes Polri. Kenaikan tipologi ini juga telah mendapat persetujuan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Baca juga: Sahimin jabat Wakapolda Bengkulu

Sedikitnya ada 9 dimensi dan 48 indikator perubahan yang menjadi pertimbangan kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini. Sebanyak 9 dimensi tersebut diantaranya dimensi geografis, demografis, sumber daya alam, ideologi, politik, ekonomi, sosial dan budaya, Sarkamtibmas serta dimensi kemampuan kesatuan.

Mantan Kabareskrim Mabes Polri ini menjelaskan, peningkatan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini akan berdampak pada pengembangan jenjang kepangkatan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia di organisasi Polda Bengkulu.

Selain itu, kenaikan tipologi ini juga berdampak pada penambahan anggaran untuk Polda Bengkulu, penambahan sarana dan prasarana serta penambahan jumlah personil Polri.

Disisi lain, kata Komjen Pol Ari Dono, dengan status tipe A ini Polda Bengkulu diminta untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap masyarakat khususnya dibidang keamanan dan ketertiban masyarakat atau Kamtibmas.

Baca juga: Polda Bengkulu buka formasi CPNS

Polda Bengkulu diminta untuk mengedepankan strategi pro-aktif dan preventif melalui mendekatan tindakan Kepolisian yang humanis dan meningkatkan sinergitas bersama seluruh unsur masyarakat.

Polda Bengkulu juga diminta untuk mengoptimalkan pelayanan publik berbasis teknologi dengan mengakomodir aksebilitas pelayanan publik yang cepat, murah dan mudah. Polda Bengkulu diminta untuk bekerja dengan target terukur untuk jangka pendek, menengah dan jangka panjang.

Wakapolri juga menegaskan agar Polda Bengkulu melakukan penegakan hukum secara jujur, benar, adil dan konsisten dengan menjunjung integritas dan profesionalisme. Polda Bengkulu diminta untuk melakukan pemantapan menejemen media massa dan program kehumasan untuk menjaga citra Polri ditengah masyarakat.

"Pastinya kenaikan tipologi ini akan disesuaikan dengan kenaikan pangkat dan golongan dari para personil. Kapolda akan menjadi bintang dua, Wakapolda bintang satu dan diikuti pejabat lainnya," kata Wakapolri.

Sementara itu, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah usai acara pengukuhan mengatakan, kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini diyakini akan memberikan dampak positif terhadap penguatan dan percepatan pembangunan di Provinsi Bengkulu. 

Baca juga: Polda Bengkulu bhakti kesehatan di Semidang Lagan

Rohidin juga menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Bengkulu siap mendukung kegiatan-kegiatan Polda Bengkulu dan peningkatan sarana dan prasarana yang dibutuhkan Polda Bengkulu. 

"Alhamdulillah tentu kita bersyukur dengan peningkatan tipologi Polda Bengkulu ini. Ini merupakan perjuangan kita bersama dalam rangka melakukan penguatan kelembagaan di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu. Polda sudah berhasil, sekarang kita tinggal tunggu untuk Korem, Lanal dan IAIN Bengkulu," kata Gubernur Bengkulu.

Pengukuhan kenaikan tipologi Polda Bengkulu menjadi tipe A ini turut dihadiri oleh para mantan Kapolda Bengkulu. Mereka diantaranya Ruslan Riza, Tatang Sumantri, Beni Mokalu, Yofianes Mahar dan M Ghufron.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019