Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, optimistis semua Puskesmas dari 17 Puskesmas perawatan dan rawat jalan di daerah itu terakreditasi dalam tahun 2019.

“Masih ada empat Puskesmas dari 17 Puskesmas di daerah ini yang belum terakreditasi dan tahun ini juga empat Puskesmas ini mengkuti survey untuk memperoleh akreditasi dari Kementerian RI,” kata Kabid Pelayanan dan Sumber Daya Kesehatan Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko Jhoni dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Ia menyebutkan, empat Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas di Kecamatan Selagan Raya, Puskesmas di Desa Bukit Mulya, Puskesmas di Desa Lalang Luas dan Puskesmas di Kecamatan Malin Deman.

Tim Surveyer Akreditasi Kementrian Kesehatan RI dalam tahun ini juga akan melakukan penilaian untuk memastikan sebanyak empat Puskesmas ini layak atau tidak mendapatkan akreditasi.

“Tim ini mulai melakukan penilaian terhadap Puskesmas di Kecamatan Selagan Raya yang rencananya akan meningkat statusnya dari rawat jalan menjadi perawatan, lalu tiga Puskesmas lainnya,” ujarnya.

Ia menyatakan, sebanyak 14 Puskesmas di daerah ini yang mengikuti survey dan penilaian oleh Tim Survayer Akreditasi Kementerian Kesehatan dan mayoritas Puskesmas ini lulus dengan akreditas dasar hingga madya.

Dari 14 Puskesmas yang telah mengikuti survey dan penilaian oleh tim ini, sebanyak dua Puskesmas di antaranya yang telah terakreditasi tiga tahun lalu mengikuti reakreditasi tahun ini.

Dua Puskesmas tersebut, yakni Puskesmas di Desa Dusun Baru V Koto dan Puskemas di Kecamatan Penarik dan Puskesmas di Desa Dusun Baru V Koto saat ini naik kelas dari dasar menjadi madya.

Sedangkan hasil penilaian tim Survayer Akreditas Kementerian Kesehatan RI terhadap Puskesmas Kecamatan Penarik sampai sekarang belum keluar dan kemungkinan hasil penilaiannya akan turun dalam waktu dekat ini.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019