Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, manargetkan semua desa dari sebanyak 148 desa di daerah ini mengajukan berkas persyaratan untuk penyaluran dana desa tahap ketiga sebesar 40 persen kepada instansi ini dalam bulan November 2019.

“Masih ada satu desa lagi yang belum mengajukan berkas persyaratan untuk penyaluran dana desa tahap ketiga, yakni Desa Pondok Kopi, kami targetkan satu desa ini mengajukan dalam bulan ini,” kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Gianto dalam keterangannya di Mukomuko, Sabtu.

Sebanyak empat desa di daerah ini yakni Desa Air Kasai, Desa Dusun Baru V Koto, Desa Sumber Sari dan Desa Pondok Kopi yang sebelumnya belum mengajukan berkas penyaluran dana desa tahap ketiga sebesar 40 persen ke instansi ini.

Ia mengatakan, saat ini tiga desa di antaranya, yakni Desa Air Kasai, Desa Dusun Baru V Koto dan Desa Sumber Sari telah mengajukan penyaluran dana desa tahap ketiga kepada instansinya.

Sebanyak tiga desa di daerah ini telat dalam mengajukan berkas persyaratan untuk penyaluran dana desa tahap ketiga karena kepala desa di tiga desa habis masa jabatannya.

Kemudian Desa Pondok Kopi belum mengajukan berkas persyaratan penyaluran dana desa tahap ketiga karena ada permasalahan kepala desa yang diduga selingkuh dengan warganya.

Instansinya saat ini telah mengusulkan pemberhentian sementara kepala desa ini dan selanjutnya pengangkatan penjabat kepala desa yang akan melaksanakan pemerintahan di desa.

Pihaknya mengusulkan pemberhentian sementara kepala desa tersebut berdasarkan berita acara dari desa dan badan perwakilan desa (BPD) dan camat terkait dengan permasalahan kepala desa tersebut.

“Dengan adanya penjabat kepala desa yang baru, kami harapkan minggu depan pihak desa ini mengajukan berkas persyaratan penyaluran dana desa tahap ketiga,” ujarnya.

Setelah ini, katanya, terserah hasil pemeriksaan inspektorat wilayah setempat terhadap kepala desa ini, untuk memberhentikan permanen dan mengaktifkan kembali kepala desa tersebut. ***1***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019