Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, melalui Dinas Kesehatan setempat Tahun 2019 mendeklarasikan sebanyak 22 desa yang bebas buang air besar (BAB) sembarangan.

Dinas Kesehatan Kabupaten Mukomuko setempat juga mendeklarasikan gerakan masyarakat hidup sehat (Germas) di Desa Lubuk Bento, Kecamatan Pondok Suguh, Kabupaten Mukomuko, Senin.

Bupati Mukomuko Choirul Huda mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk kerja sama untuk menciptakan kabupaten yang berkualitas dengan kesehatan yang bagus dan sumber daya manusia yang bagus.
 
Senam gerakan masyarakat hidup sehat. (Foto Antarabengkulu.com)

“Mudah-mudahan melalui kegiatan deklarasi desa bebas buang air besar sembarangan dan gerakan masyarakat hidup sehat pada hari ini membuat daerah ini menjadi sehat berkualitas dan produktif,” ujarnya.

Menurutnya, ini sebuah upaya sinergi antara pemerintah setempat dengan masyarakat untuk menggalakkan bagaimana untuk menerapkan pola hidup sehat dengan Germas.

Selain itu, juga sekaligus kehidupan masyarakat bisa berkualitas dengan cara memberdayakana pola hidup yang bagus serta bagaimana masyarakat tidak membuang air besar sembarangan.


Dinas Kesehatan setempat tidak hanya mendeklarasikan sebanyak 22 desa bebas dari buang air sembarangan, tetapi juga menggelar senam germas yang diikuti oleh ratusan warga setempat dan pemeriksaan kesehatan dan pengobatan gratis bagi masyarakat.

Selain itu, Dinkes juga menggelar kegiatan pembagian botol minuman secara gratis kepada masyarakat sebagai bentuk dukungan daerah ini untuk membawa botol minuman sendiri dan cara cuci tangan yang baik.

 

Kabupaten Mukomuko dukung program membawa botol minuman sendiri. (Foto Antarabengkulu.com)


Kepala Dinkes Kabupaten Mukomuko Desriani mengatakan hingga kini baru sebanyak 33 desa di daerah ini yang bebas buang air besar sembarangan. Sebanyak 11 desa pada tahun 2018 dan sebanyak 22 desa tahun ini.

Ia menyebutkan, sebanyak 22 desa yang bebas buang air besar sembarangan di daerah ini, yakni Desa Talang Medan, Desa Tirta Mulya, Desa Gajah Mati, Desa Mekar Sari, Desa Sidodadi Kecamatan Sungai Rumbai, Desa Teluk Bakung, Desa Lubuk Bento, Desa Brangan Mulya, Desa Bumi Mulya.

Kemudian Deas Marga Mukti, Desa Sidodadi Kecamatan Penarik, Desa Sari Makmur, Desa Maju Makmur, Desa Suka Maju, Desa Air Dikit, Desa Setia Budi, Desa Mekar Jaya, Desa Agung Jaya, Desa Kota Praja, Desa Lubuk Sanai III dan Desa ujung Padang. (Adv)

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019