Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, segera menyalurkan tiga unit mesin untuk pencacah pelepah sawit menjadi pakan ternak kepada kelompok tani di daerah ini.

“Mesin pembuat pakan ternak ini sudah dibeli dan sudah ada di daerah ini. Rencana penyalurannya dalam waktu dekat ini,” kata Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Warsiman dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.

Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Dinas Pertanian setempat tahun 2019 ini mendapatkan alokasi dana dari APBD Perubahan sebesar Rp130 juta untuk membeli tiga unit mesin pencacah pelepah tanaman kelapa sawit menjadi pakan hewan ternak.

Dinas Pertanian setempat sebelumnya juga memberikan bantuan beberapa unit mesin pencacah sawit menjadi pakan untuk kelompok tani yang melakukan peternakan sapi, kerbau dan kambing di daerah ini.

Ia menyebutkan tiga kelompok tani di daerah ini yang akan menerima bantuan mesin pencacah sawit dari pemerintah setempat, yakni satu kelompok tani di Desa Air Dikit, satu kelompok tani di Desa Ujung Padang dan satu kelompok tani di Kelurahan Bandar Ratu.

Ia memastikan kelompok tani yang mendapatkan bantuan mesin pencacah sawit menjadi pakan ternak ini yang selama ini aktif dalam melakukan kegiatan peternakan baik ternak kerbau, sapi dan kambing, tetapi mereka kesulitan mendapatkan pakan untuk hewan ternaknya.

Untuk itu, ia mengatakan, pemerintah setempat menyediakan mesin untuk pencacah sawit menjadi pakan hewan ternak yang dibutuhkan oleh seluruh anggota kelompok tani ini.

Pemerintah setempat membeli sebanyak tiga unit mesin pencacah pelepah sawit ini berdasarkan proposal usulan bantuan mesin pencacah pelepah tanaman kelapa sawit dari kelompok tani di daerah ini.

“Kami menerima beberapa proposal usulan bantuan mesin pencacah pelepah tanaman kelapa sawit tetapi yang baru bisa direalisasikan untuk tiga kelompok tani ini,” ujarnya.

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019