Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Bengkulu, Senin (16/12) mengumumkan, dari  731 orang pelamar yang mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Pemerintah Provinsi Bengkulu, hanya 687 pelamar yang dinyatakan lolos seleksi administrasi dan berhak mengikuti tahapan seleksi selanjutnya, sedangkan 44 pelamar dinyatakan gugur.

Kepala Bidang Pengadaan, Pemberhentian Informasi dan Kepegawaian (PPIK) BKD Provinsi Bengkulu, Rufran mengatakan, informasi mengenai nama-nama pelamar seleksi CPNS yang dinyatakan lulus ini dapat dilihat di website sscn.bkn.go.id.

Baca juga: 13 ribu peserta tes CPNS Kemenkumham Bengkulu

Baca juga: 6 formasi CPNS Pemprov Bengkulu tanpa pelamar

"Bagi pelamar yang dinyatakan lulus agar selalu memantau laman cpns.bengkuluprov.go.id dan sscasn.bkn.go.id untuk mencetak kartu tanda peserta seleksi.

Termasuk melihat jadwal dan lokasi Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)," kata Rufran di Bengkulu, Senin.

Dijelaskan Rufran, beberapa alasan mengapa 44 pelamar dinyatakan gugur dalam tahap seleksi administrasi ini karena banyak pelamar pada saat pendaftaran online memilih formasi yang tidak sesuai dengan kualifikasi pendidikan pelamar.

Alasan lainnya, sambung Rufran, juga banyak diantara pelamar pada saat pendaftaran online tidak mengunggah ijazah dan transkrip nilai. Selain itu tidak sedikit juga pelamar yang gagal karena perguruan tinggi belum terakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Baca juga: Ombudsman sebar tim khusus pengawasan penerimaan CPNS

Baca juga: Amnesty International minta persyaratan diskriminatif CPNS dicabut

Kata Rufran, Panitia Seleksi CPNS akan memberikan masa sanggah kepada pelamar yang dinyatakan gugur pada tahap seleksi administrasi ini mulai 16 hingga 18 Desember mendatang. Pelamar yang dinyatakan tidak lulus verifikasi bisa menyampaikan protes dalam batas waktu yang diberikan tersebut.

"Jika ada sanggahan dari peserta, panitia akan memberikan jawaban sanggahan selama 7 hari dan akan diumumkan pada 26 Desember," ujar Rufran.

Sementara itu, untuk pelaksanaan tes CPNS pihaknya belum mengetahui jadwal yang pasti. Hanya saja, pelaksanan tes di gelar pada Januari atau Februari 2020. Tes Kompetensi Dasar akan dilaksanakan di Universitas Bengkulu dan telah tersedia perangkat komputer sebanyak 800 unit.

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2019