Pihak Kampus Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong (Akrel) menyatakan 80 persen lulusan perguruan tinggi itu saat ini telah diterima dunia kerja baik yang ada di dalam Provinsi Bengkulu maupun di luar provinsi.  

Direktur Akrel Abdul Azis MP pada peringatan Dies Natalis Akrel ke-IV yang dilaksanakan di Kampus Akrel yang ada di Kelurahan Simpang Nangka, Kecamatan Selupu Rejang, Rabu, mengatakan perguruan tinggi yang sebelumnya berada di bawah binaan Politeknik Negeri Lampung tersebut sudah mampu menunjukkan kualitasnya.

"Alhamdulillah dari total lulusan Akrel yang sudah mencapai 490 orang saat ini, 80 persen sudah bekerja sedangkan sisanya melanjutkan pendidikannya pada jenjang yang lebih tinggi," ujar dia.

Lulusan Akrel yang sudah bekerja tersebut kata dia, diterima oleh perusahaan sesuai dengan bidangnya seperti dunia industri, lembaga pemerintahan serta ada juga yang membuka usaha sendiri dengan berbekal pengetahuan yang di dapat selama menempuh pendidikan di perguruan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan tinggi vokasi jenjang D1 dan D2 itu.

Sementara itu, untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi yang dikelolanya itu pihaknya akan berupaya meningkatkan pelayanan, meningkatkan fasilitas pendidikan maupun merekrut SDM terutama dosen, instruktur dan staf administrasi.

Pendirian Akrel di wilayah itu sendiri kata dia, adalah untuk membantu pemerintah dalam meningkatkan angka partisipasi kasar perguruan tinggi.

Selain itu keberadan Akrel ini juga untuk memberikan akses seluas-luasnya kepada masyarakat khususnya lulusan SLTA untuk dapat melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan biaya terjangkau.

Saat ini Akademi Komunitas Negeri Rejang Lebong sudah memiliki tiga program studi yakni program studi Budidaya Hortikultura, Prodi Teknologi Produksi Ternak Unggas dan Prodi Budidaya Perikanan Air Tawar.

Ketiga program study itu disesuaikan dengan kearifan lokal di Kabupaten Rejang Lebong, di mana dalam pelaksanaan perkuliahannya di dukung dengan sarana dan prasarana penunjang yang memadai sehingga mereka yang menempuh pendidikan ditempat ini bisa mendapatkan pengetahuan lebih dari yang lainnya.

Pada peringatan Dies Natalis Akrel ke-IV tahun 2020 ini pihaknya kata dia, menggelar beberapa kegiatan baik untuk internal maupun eksternal kampus. Untuk kegiatan internal berupa pertandingan bola voli dan lomba masak makanan berbasis program studi dan unit yang ada di Akrel, sedangkan kegiatan eksternal kampus berupa pertandingan futsal Akrel Cup yang diikuti pelajar SMA dari berbagai daerah baik dalam maupun luar Bengkulu.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020