Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu saat ini tengah menyiapkan logistik pemilihan kepala desa (pilkades) serentak yang akan dilaksanakan dalam 56 desa pada 20 Februari mendatang.

Kepala DPMD Rejang Lebong Suradi didampingi Kabid Kelembagaan Masyarakat, Sosial Budaya dan Pemerintahan Desa Bobby Harpa Santana di Rejang Lebong, Kamis, mengatakan pengadaan logistik pilkades serentak tahap III di wilayah itu saat ini sudah 90 persen dan tinggal pendistribusian saja.

"Sudah kami sampaikan dalam rapat prapelaksanaan pendistribusian logistik pilkades yang dilaksanakan Kamis kemarin, bersama dengan pihak Polres Rejang Lebong dan Kodim 0409/Rejang Lebong, di mana dalam rapat ini membahas kesiapan logistik dan pendistribusiannya," jelas dia.

Logistik pilkades disiapkan ini tambah dia, antara lain atribut berupa id card panitia pemilihan yang setiap desanya diberikan kepada tujuh orang panitia dan tiga orang lagi dari tim pengawas pemilihan.

Kemudian dua unit baliho yang terdiri dari baliho sekretariat dan baliho di TPS, selanjutnya spanduk panitia, kotak suara masing-masing satu unit, selanjutnya amplop surat suara sah, amplop surat suara tidak sah dan amplop berita acara (BA) hasil pemilihan, serta 10 lembar segel.

"Sedangkan untuk surat suara jumlah keseluruhannya sebanyak 52.255 lembar yang terdiri dari surat suara utama sebanyak 51.230 lembar, serta 1.025 lembar surat suara cadangan atau berjumlah 2 persen dari surat suara utama," jelasnya.

Surat suara cadangan sebanyak 2 persen itu sendiri berguna untuk mengganti jika ada surat suara yang rusak atau kekurangan.

Logistik Pilkades serentak ini sesuai dengan tahapannya baru akan didistribusikan pada 19 Februari nanti atau sehari sebelum pemungutan suara yang jatuh pada 20 Februari.

Untuk logistik pilkades berupa surat suara nantinya akan dilipat dan disimpan di kantor Mapolsek masing-masing kecamatan dan pada pagi hari sebelum pemilihan dikirim ke desa-desa yang bersangkutan.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020