Harga pembelian tandan buah buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Bengkulu, sejak beberapa hari yang lalu mengalami kenaikan berkisar Rp30 hingga Rp65 per kilogram, dibandingkan beberapa hari sebelumnya.

“Harga tandan buah segar kelapa sawit mengalami kenaikan bila dibandingkan dengan harga minggu yang lalu yakni berkisar Rp30 hingga Rp65 per kilogram,” kata Kasi Budi Daya Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalam keterangannya di Mukomuko, Kamis.

Ia mengatakan hal itu setelah mendapatkan data harga tandan buah segar kelapa sawit pada tanggal 6 hingga 9 Maret 2020 dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini.

Sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini yang membeli tandan buah segar kelapa sawit (SSJA) dengan harga lebih lebih dibandingkan sebelumnya seperti PT Sapta Sentosa Jaya Abadi dan PT USM.

Ia menyebutkan, PT SSJA membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat dengan harga sebesar Rp1.545 per kg dan PT USM membeli sawit petani dengan harga sebesar Rp1.650 per kg, atau mengalami kenaikan sebesar Rp30 hingga Rp65 per kg dibandingkan sebelumnya.

Sedangkan harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh sejumlah pabrik minyak kelapa sawit lainnya masih bertahan seperti sebelumnya seperti di PT KSM sebesar Rp1.440 per kg, PT MMIL sebesar Rp1.440 per kg, PT SSS sebesar Rp1.420 per kg.

Kemudian harga sawit di pabrik minyak kelapa sawit milik PT SAP sebesar Rp1.430 per kg, PT KAS sebesar Rp1.440 per kg, PT BMK sebesar Rp1.520 per kg dan PT GSS membeli sawit petani setempat dengan harga sebesar Rp1.530 per kg.

Ia berharap, harga pembelian tandan buah segar kelapa sawit oleh seluruh pabrik minyak kelapa sawit yang tersebar di daerah ini terus mengalami kenaikan dibandingkan sebelumnya.

“Kalau harga sawit naik maka otomatis kesejahteraan masyarakart petani setempat juga mengalami kenaikan,” ujarnya. 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020