Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Provinsi Bengkulu menyebutkan mayoritas desa dari sebanyak 148 desa di daerah ini mengajukan penyaluran alokasi dana desa (ADD) tahap kedua sebesar 40 persen.

“Yang belum mengajukan alokasi dana desa tahap kedua sebanyak 11 desa yang tersebar di enam kecamatan di daerah ini,” kata Kasi Administrasi Penggunaan Keuangan dan Aset Desa pada Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Wagimin di Mukomuko, Kamis.

Sebanyak 11 desa yang belum mengajukan penyaluran ADD tahap kedua yakni empat desa di Kecamatan Lubuk Pinang, satu desa di Kecamatan Air Rami, satu desa di Kecamatan Teramang Jaya, satu desa di Kecamatan Selagan Raya, satu desa Kecamatan XIV Koto dan tiga desa di Kecamatan V Koto.

Ia memastikan, kemungkinan sebanyak 11 desa ini mengajukan penyaluran ADD tahap kedua dalam minggu ini karena sudah ada beberapa desa di antaranya yang sudah siap mengajukannya.

“Sebenarnya tidak ada lagi kendala desa ini mengajukan penyaluran ADD tahap kedua, beberapa desa ini sudah mendapatkan rekomedasi dari camat. Intinya desa ini berkas mengajukan penyaluran alokasi dana desa,” ujarnya.

Ia mengatakan, instansinya sebelumnya telah membuat surat untuk meminta semua desa di daerah ini segera mengajukan penyaluran ADD tahap dua paling lama minggu ketiga bulan Juni 2020.

Ia meminta, pemerintah desa di daerah ini mengajukan penyaluran alokasi dana desa tahap kedua paling lama minggu ketiga bulan Juni 2020 karena untuk mencairkan dana itu membutuhkan proses.

Menurutnya, tidak mungkin desa mengajukan alokasi dana desa di penghujung bulan 2020 karena untuk mendapatkan penyaluran alokasi dana desa dari Badan Keuangan Daerah membutuhkan proses.

Selain itu petugas dari dinas ini juga sebelumnya melakukan “jemput bola” ke sejumlah desa yang belum mengajukan penyaluran ADD untuk melakukan rekonsiliasi alokasi dana desa tersebut.***1***
 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020