Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Senin, mendistribusikan berbagai perlengkapan protokol kesehatan kepada Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Senin, mengatakan KPU mendistribusikan berbagai peralatan protokol kesehatan berupa masker kain, "hand sanitizer", desinfektan, alat semprot, "hand wash" (sabun cuci tangan), "thermometer/thermo gun" dan tisu.

“Hari ini kami mulai mendistribusikan peralatan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 di daerah ini kepada seluruh penyelenggara Pilkada mulai dari tingkat kecamatan hingga desa,” ujarnya.

Ia menyebutkan pihaknya mendistribusikan masker kain untuk masing-masing PPK di daerah ini sebanyak 16 lembar, "hand sanitizer" satu liter, desinfektan empat liter, alat semprot satu unit, sabun cuci tangan dua botol, "thermometer/thermo gun" satu unit dan satu paket tisu.

Ia mengatakan setiap penyelenggara Pilkada mulai dari tingkat kecamatan hingga desa di daerah ini mendapatkan masing-masing sebanyak dua lembar masker kain dan satu botol hand sanitizer.

Kemudian setiap desa di daerah ini masing-masing akan mendapatkan bantuan satu "thermometer/thermo gun" yang berfungsi pendeteksi dini seseorang diduga terjangkit virus corona atau tidak.

KPU Mukomuko mendapatkan penambahan anggaran sebesar Rp2,3 miliar yang bersumber dari APBN untuk membeli berbagai peralatan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat Pilkada 2020.

Ia mengatakan lembaganya menggunakan anggaran tambahan tersebut untuk membeli berbagai peralatan protokol kesehatan yang dibutuhkan oleh seluruh penyelenggara Pemily untuk mencegah penyebaran COVID-19 saat Pilkada 2020.

“Untuk tahap pertama ini peralatan protokol kesehatan ini dibutuhkan oleh PPDP untuk melakukan coklit data pemilih Pilkada karena para petugas ini melakukan coklit data pemilih dengan mendatangi setiap rumah warga di derah ini,” ujarnya.***2***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020