Bengkulu (Antara Bengkulu) - Sebanyak lima orang kader Partai Keadilan Sejatera (PKI) dan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) mendaftarkan diri sebagai calon wakil bupati Kabupaten Seluma sisa masa jabatan 2010-2015.

Ketua Dewan Pengurus Provinsi (DPP) PKPI Bengkulu Zaryana Rait mengatakan tiga nama dari PKPI yang mendaftar sebagai calon wakil bupati sudah direstui Dewan Pimpinan Nasional (DPN) partai itu.

"Tiga nama dari PKPI sudah direstui pengurus nasional, dan segera  diserahkan ke Bupati Seluma," katanya di Bengkulu, Jumat.

Ia mengatakan tiga nama tersebut yakni Gustianto, Mufran Imron, dan Sudirman Saleh.

Ketiga calon tersebut kata dia sudah disetujui Ketua Dewan Pengurus Nasional PKPI Sutiyoso.

"Setelah diserahkan ke Bupati, kami harapkan tidak terlalu lama lagi segera ditindaklanjuti," tambahnya.

Setelah diproses oleh Bupati Seluma, Bundra Jaya, dua nama calon akan diserahkan ke DPRD Seluma untuk dipilih.

Sementara Pengurus Harian DPW PKS Provinsi Bengkulu Siswadi mengatakan sudah menyerahkan tiga nama untuk wakil bupati Seluma.

"Kami sudah menyerahkan tiga nama, selain saya sendiri, juga Lukman SP dan Suwandi," katanya.

Namun, ketiga nama tersebut kata dia belum diproses oleh pengurus DPW PKS sebelum diserahkan ke Bupati Seluma.

Dua partai politik, yakni PKPI dan PKS merupakan koalisi partai yang memenangkan pasangan bupati dan wakil bupati di Pilkada Seluma, Murman Efendi-Bundra Jaya.

Namun, vonis penjara dua tahun yang dijatuhkan pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Jakarta terhadap Murman membuat Presiden memberhentikan dari jabatannnya.

Gubernur Bengkulu Junaidi Hamsyah melantik Bundra Jaya menjadi bupati definitif Seluma pada Februari 2013 dan meminta segera memproses pemilihan wakil bupati.

Pewarta: Oleh Helti Marini Sipayung

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2013