Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan telah menerima hasil rapid test atau tes cepat terhadap sejumlah penyelenggara Pilkada 2020 dan lima orang di antaranya yang reaktif COVID-19.

“Sejauh ini ada lima orang yang reaktif yakni satu PPS di Kecamatan Air Manjuto, satu di Kecamatan XIV Koto, di Kecamatan Lubuk Pinang ada ada tiga yang reaktif yakni dua sekretariat PPK dan satu PPS,” kata Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Mukomuko Irsyad Kamarudin di Mukomuko, Senin.

Untuk tahap ini lebih dari sebanyak 30 orang komisioner KPU beserta staf sekretariat, sebanyak 120 PPK dan staf sekretariat, 906 PPS beserta staf sekretariat menjalani tes cepat COVID-19.

Ia mengatakan, terhadap sejumlah penyelenggara pilkada di tingkat kecamatan dan desa yang reaktif COVID-19 tersebut, ia mengatakan, telah ditindaklanjuti oleh Dinas Kesehatan dengan cara melakukan pengambilan sampel tes usap atau swab terhadap penyelenggara pllkada ini.

Selanjutnya beberapa penyelenggara yang reaktif COVID-19 ini menjalani isolasi mandiri di rumahnya selama 14 hari, kemudian mereka ini diistirahatkan dulu dan bekerja dari rumah atau WFH.

Tes cepat terhadap penyelenggara Pilkada 2020 mulai dari tingkat kabupaten, kecamatan dan desa pada hari ini masih berjalan di wilayah Kecamatan Sungai Rumbai dan Kecamatan Pondok Suguh.

“Tes cepat terhadap penyelenggara pilkada masih terus berjalan dan untuk hari ini kami belum menerima laporan terkait hasil tes cepat COVID-19 terhadap penyelenggara pilkada,” ujarnya pula.

Ia mengatakan, rapid test atau tes cepat COVID-19 tahap berikutnya pada tanggal 24 November 2020 terhadap sebanyak 3.330 kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) yang tersebar di 370 tempat pemungutan suara di 148 desa dan tiga kelurahan di daerah ini.***2***

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020