Pemerintah Provinsi Bengkulu sedang menyiapkan tenaga medis yang terdiri dari dokter umum, dokter spesialis, perawat dan bidan untuk melaksanakan vaksinasi COVID-19 nantinya.

Pelaksana tugas (Plt) Gubernur Bengkulu Dedy Ermansyah menilai persiapan itu penting mengingat tidak seluruh tenaga medis bisa memberikan vaksin COVID-19 kepada pasien positif maupun masyarakat umum.

"Tenaga medis agar dipersiapkan sebaik mungkin, sehingga ketika vaksin tersebut sudah sampai di Bengkulu langsung bisa digunakan," kata dia di Bengkulu, Sabtu.

Politisi Partai NasDem itu mengatakan persiapan dilakukan dengan memberikan pembekalan dan pengetahuan bagi tenaga medis itu dilakukan oleh Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan COVID-19 Provinsi Bengkulu.

Menurut Dedy, Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 untuk dilakukan uji coba ke seluruh daerah termasuk Provinsi Bengkulu pada awal tahun 2021 mendatang.

Pemerintah Daerah (Pemda) memiliki tanggungjawab mempersiapkan agar pelaksanaan vaksinasi itu berjalan lancar, termasuk dengan cara mempersiapkan tenaga medis yang akan melakukan vaksinasi.

Dedy menyebut, nantinya pemberian vaksin tersebut diprioritaskan bagi mereka yang bekerja di pusat pelayanan publik seperti tenaga kesehatan dan tenaga pendidikan.

"Kita dapat kabar pada awal tahun depan vaksin sudah mulai didistribusikan dan tentunya dengan pemberian vaksin itu diharapkan kondisi masyarakat bisa pulih seperti sedia kala," demikian Dedy.*

Pewarta: Carminanda

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2020