Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, menyatakan, meskipun instansi itu tahun ini tidak mempunyai dana, tetapi tetap akan menggelar pasar murah guna menstabilkan harga sembako saat Ramadhan 1442 Hijriah.

“Kami tetap melaksanakannnya dengan cara menggandeng sejumlah distributor bahan pokok di daerah ini untuk menjual sembako di bawah harga pasar kepada masyarakat,” kata Sekretaris Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah Kabupaten Mukomuko Nurdiana dalam keterangannya di Mukomuko, Jumat.

Ia memastikan, distributor menjual berbagai jenis sembako yang dibutuhkan oleh masyarakat saat bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri tahun ini dengan harga di bawah harga pasar.

Selain itu, katanya, pemerintah daerah setempat bekerja sama dengan pemerintah provinsi guna menggelar pasar murah di wilayah Lubuk Pinang sekitar tanggal 20 April 2020.

Ia menyatakan, pemerintah provinsi setempat tahun ini mempunyai dana untuk menggelar pasar murah di sejumlah kabupaten/kota di daerah ini, termasuk di Kabupaten Mukomuko.

“Karena dinas ini tidak punya dana untuk melaksanakannya jadi kami juga bekerja sama dengan pemerintah provinsi untuk nantinya melaksanakan kegiatan pak gubernur menggelar pasar murah di wilayah Kecamatan Lubuk Pinang,” ujarnya.

Ia mengatakan, pemerintah provinsi setempat setiap tahun menggelar pasar murah di daerah ini, guna menstabilkan harga sembako, dan kegiatan ini juga bagian dari operasi pasar menjelang lebaran.

Instansinya tahun 2020 mengusulkan dana untuk menggelar pasar murah guna menstabilkan harga sembako menjelang bulan Ramadhan dan lebaran Idul Fitri, namun usulan dana tersebut tidak disetujui.

Pemerintah setempat beberapa tahun sebelumnya pernah mengalokasikan dana untuk membeli ratusan paket sembako murah bagi masyarakat yang tersebar di 15 kecamatan daerah ini. ***3***


 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021