Pihak Kepolisian Resor (Polres) Rejang Lebong, Bengkulu, melakukan pemeriksaan rapid antigen COVID-19 kepada para pengendara baik roda dua maupun roda empat yang melintas di wilayah itu guna mencegah penularan virus corona.

Kapolres Rejang Lebong AKBP Puji Prayitno melalui Kasat Lantas Iptu Aan Setiawan di Mapolres Rejang Lebong, Selasa, mengatakan pemeriksaan rapid antigen tersebut dilaksanakan dalam rangka Operasi Keselamatan Nala 2021.

"Kita bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Rejang Lebong melakukan pemeriksaan rapid antigen kepada pengendara yang melintas di Kabupaten Rejang Lebong, setiap harinya kita melakukan pemeriksaan 35 sampai 50 orang," kata dia.

Pelaksanaan rapid antigen ini guna membantu pemerintah mencegah penyebaran COVID-19 yang kemungkinan dibawa oleh pengendara dari daerah lain masuk ke Rejang Lebong.

Pemeriksaan rapid antigen itu sendiri dilaksanakan di beberapa titik seperti Pos Lantas Pasar Bang Mego, Terminal Simpang Nangka Kecamatan Selupu Rejang hingga ke perbatasan Kabupaten Rejang Lebong dengan Kota Lubuklinggau, Sumsel.

Jika nantinya ada pengendara yang dinyatakan reaktif, kata dia, maka akan menjalani pemeriksaan lanjutan oleh petugas kesehatan setempat dan yang bersangkutan diwajibkan untuk melakukan isolasi.

Sementara itu Operasi Keselamatan Nala 2021 yang dilaksanakan Polres Rejang Lebong selama 14 hari kedepan terhitung 12-26 April mendatang, menyasar masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, tidak tertib berlalu lintas serta larangan mudik.

"Operasi Keselamatan Nala 2021 ini selain menyasar masyarakat yang tidak mematuhi protokol kesehatan, pelanggaran lalu lintas dan larangan mudik untuk mencegah penyebaran COVID-19," kata dia.

Pelaksanaan Operasi Keselamatan Nala 2021 melibatkan 40 orang personel Satlantas ditambah dengan personel dari satuan lainnya seperti Shabara, Reskrim, TNI, Satpol-PP, dinas perhubungan dan lainnya.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021