Sejumlah pabrik minyak kelapa sawit di Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tutup atau tidak membeli tandan buah segar kelapa sawit milik petani setempat karena libur Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah mulai hari Minggu (9/5).

Kasi Kemitraan dan Perizinan Perkebunan Dinas Pertanian Kabupaten Mukomuko Sudianto dalm keterangannya di Mukomuko, Rabu, menyebutkan dari sebanyak 10 pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini, dua pabrik tutup mulai hari Minggu (9/5).

“Ada dua pabrik minyak kelapa sawit di daerah ini yang tutup lebih awal karena libur lebaran, yakni PT SAP dan PT MMIL, kemudian pabrik ini kembali buka Senin (18/5),” ujarnya.

Kemudian empat dari 10 pabrik minyak kelapa sawit, yakni PT DDP di wilayah Kecamatan Ipuh, pabrik kelapa sawit PT DDP di Lubuk Bento, PT KAS dan PT KSM mulai tutup hari Selasa (10/5).

Lalu empat pabrik minyak kelapa sawit ini kembali buka dan menerima pembelian TBS kelapa sawit milik petani di daerah ini mulai terhitung mulai hari Senin (17/5) dan Selasa (18/5).

Ia mengatakan, dua pabrik lainnya, yakni PT Sentosa Sejahtera Sejati (SSS) dan PT Gajah Sakti Sawit (GSS) tutup pada hari Selasa (11/5) dan kembali buka hari Senin (17/5) dan Selasa (18/5).

Kemudian dua pabrik lainnya, yakni PT Bumi Mentari Karya (BMK) dan PT Sapta Sentosa Jaya Abadi (SSJA) tutup paling lama yakni hari Rabu (12/5) dan kembali buka hari Senin (17/5) dan Selasa (18/5).

Untuk itu, ia menyarankan kepad apetani setempat agar segera menjual hasil panen tandan buah segar kelapa sawit sebelum pabrik CPO tersebut berhenti beroperasi menjelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriah.

"Petani di daerah ini masih punya kesempatan beberapa hari ke depan untuk menjual tandan buah segar kelapa sawit ke pabrik CPO di daerah ini," ujarnya.
Ia menyatakan hingga kini belum banyak mobil dump truck atau truk jungkit yang mengangkut TBS kelapa sawit antrean menjual buah sawit ke sejumlah pabrik CPO di daerah itu.

 

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021