Dinas Pertanian dan Perikanan (Distankan) Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, menyalurkan bantuan bidang perikanan untuk 20 kelompok pembudi daya perikanan air tawar yang ada di daerah itu.

Kepala Bidang Perikanan Distankan Rejang Lebong, Aryanto di Rejang Lebong, Bengkulu, Rabu, mengatakan bantuan perikanan tersebut bersumber dari dana alokasi umum (DAU) 2021 yang diberikan dalam bentuk bibit ikan dan pakan.

"Program bantuan perikanan ini diberikan kepada 20 kelompok tersebar dalam beberapa kecamatan di Rejang Lebong, bantuan ini telah kami serahkan beberapa hari lalu," kata dia.

Dia menjelaskan 20 kelompok yang menerima bantuan bibit ikan sekaligus pakan tersebut adalah kelompok pembudi daya perikanan yang telah direkomendasikan oleh penyuluh perikanan yang ada di Kabupaten Rejang Lebong sehingga bantuan bisa tepat sasaran.

Bantuan yang diberikan kepada 20 kelompok ini, kata dia, masing-masing kelompok mendapatkan bantuan bibit ikan sebanyak 2.500 ekor dan pakan berupa pelet masing-masing sebanyak 200 kg.

Untuk bibit ikan yang dibagikan ini berupa bibit ikan nila yang diambil dari balai benih ikan (BBI) milik Pemkab Rejang Lebong yang ada di Desa Belumai, Kecamatan Padang Ulak Tanding.

"Bantuan bibit ikannya sengaja dipilih ikan nila karena mudah untuk dibudidayakan dan tidak mudah terkena penyakit. Selain itu ikan ini juga mudah untuk dibudidayakan dan cepat berkembang, sehingga kita berharap bantuan ini bisa berkembang," tambah dia.

Bantuan bidang perikanan yang diberikan pihaknya, kata Aryanto, merupakan stimulan atau sebagai perangsang bagi para petani ikan, sehingga mereka bisa termotivasi untuk membudidayakan ikan nila sehingga bisa memenuhi kebutuhan pasar ikan nila di Kabupaten Rejang Lebong.

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2021