Ratusan anak anggota TNI yang bertugas di Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, mengikuti vaksinasi COVID-19 yang dilaksanakan secara perdana di wilayah itu.

Komandan Kodim 0409/Rejang Lebong Letkol CZI Trisnu Novawan diwakili Kasdim 0409/Rejang Lebong Mayor Arh Zaini Nurdin disela-sela kegiatan launching vaksinasi anak umur 6-11 tahun yang dilaksanakan di halaman Makodim setempat, Kamis, mengatakan ratusan anak anggota TNI yang mengikuti vaksinasi perdana anak tersebut berasal dari keluarga besar tentara se garnizun Rejang Lebong.

"Perserta launching vaksinasi anak umur 6 hingga 11 tahun ini adalah anak-anak dari anggota TNI se garnizun Rejang Lebong dengan target sebanyak 213 orang," kata dia.

Dia menjelaskan, anak anggota TNI se garnizun Rejang Lebong tersebut berasal dari anak anggota Kodim 0409/Rejang Lebong, kemudian anak anggota Yonif 144/Jaya Yudha, anak anggota Denpal, anak anggota Den Bekang, anak anggota Denzibang, anak anggota Sub Denpom Curup.

Selain itu pada pelaksanaan vaksinasi anak yang dilaksanakan di Makodim 0409/Rejang Lebong ini juga diikuti oleh anak-anak dari kalangan masyarakat umum yang berdiam di sekitar Kodim 0409/Rejang Lebong mengingat stok vaksin yang mereka siapkan sebanyak 300 dosis.

Pelaksanaan vaksinasi anak umur 6-11 tahun itu sendiri, kata dia, dilaksanakan oleh vaksinator yang berasal dari RS Dinas Kesehatan Tentara (DKT) Curup dibantu oleh petugas Dinas Kesehatan Rejang Lebong.

Sementara itu Staf Ahli Bupati Rejang Lebong, Darmansyah saat memberikan sambutan usai mengikuti launching pelaksanaan vaksinasi anak umur 6-11 tahun se Provinsi Bengkulu oleh Gubernur Bengkulu melalui zoom meeting di Makodim 0409/Rejang Lebong jika pelaksanaan vaksinasi anak-anak ini akan dimulai serentak pada 10 Januari nanti.

"Targetnya sebelum bulan puasa pada April nanti pelaksanaan vaksinasi anak umur 6 hingga 11 tahun dan vaksinasi dewasa pemberian dosis 1 sudah selesai 100 persen. Tadi pak gubernur juga meminta agar penamaan vaksinasi untuk anak ini diperhalus menjadi imunisasi agar anak-anak tidak takut," jelas dia.

Sedangkan Kepala Dinas Kesehatan Rejang Lebong, Syahfawi menambahkan jika target vaksinasi anak umur 6-11 tahun tersebar dalam 15 kecamatan di daerah itu sebanyak 27.053 orang.
 
"Sasaran vaksinasi ini adalah anak-anak usia sekolah dasar sehingga kita mengharapkan peran serta orang tua untuk mengedukasi dan mendampingi anaknya guna menyukseskan vaksinasi ini," demikian Syahfawi.
 

Pewarta: Nur Muhamad

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022