Pemerintah Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, telah mendistribusikan logistik di 64 desa yang menggelar pemilihan kepala desa (pilkades) serentak pada Selasa (17/5).
 
"Hari ini logistik pilkades serentak kami distribusikan dan hasil pemantauan logistik telah sampai ke lokasi," kata Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Mukomuko Haryanto dalam keterangannya di Mukomuko, Senin.
 
Dikatakan pula bahwa logistik yang didistribusikan di 64 desa tersebut berupa surat suara, spanduk, dan berita acara penghitungan suara pilkades serentak.
 
Adapun logistik pilkades serentak lainnya, seperti kotak surat dan bilik suara, telah didistribusikan di 64 desa sebelumnya.
 
Haryanto menjelaskan bahwa distribusi logistik pilkades menggunakan delapan armada yang mendapat pengamanan pasukan gabungan TNI/Polri di daerah ini.
 
Adapun tahapan pilkades serentak selanjutnya adalah tahapan pencoblosan pada tanggal 17 Mei 2022.
 
Ia mengimbau masyarakat untuk menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala desa serentak di daerah ini.
 
Diharapkan pula bahwa tingkat partisipasi masyarakat dalam pilkades serentak tahun ini sebesar 100 persen, atau minimal 98—99 persen dari 51.866 warga yang terdapat dalam daftar pemilih tetap (DPT) pilkades.
 
Sementara itu, pemilihan kepala desa serentak tahun ini akan dilaksanakan oleh 64 desa dengan 185 calon kepala desa, terdiri atas 172 laki-laki dan 13 perempuan.
 
Dari data tersebut, sebanyak 23 orang kades merupakan calon petahana serta calon kades lainnya berprofesi dari petani, wiraswasta, pensiunan PNS, perangkat desa, dan anak muda.***2***

Pewarta: Ferri Aryanto

Editor : Musriadi


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2022