Mukomuko (Antara) - Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, tahun 2014 memperoleh penambahan satu sekolah menengah atas negeri yang didirikan di satuan pemukiman sembilan, Kecamatan XIV Koto.

"Pelaksaan pembangunan sekolah menengah atas (SMA) negeri tersebut telah rampung menggunakan sumber dana APBD provinsi setempat," kata Kabid Pendidikan Menengah Dinas Pendidilkan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Mukomuko, Apani, di Mukomuko, Jumat.

Ia mangatakan, rencanananya tahun 2014 juga SMA negeri 16 tersebut mulai membuka penerimaan siswa baru (PSB).

Menurut dia, lokasi untuk pendirian SMA Negeri 16 tersebut strategis berada di tengah tengah antara satuan pemukiman (SP) 10 dan SP delapan. Dan masing-masing wilayah tersebut sudah ada sekolah menengah pertama (SMP).

Dia mengatakan, semula lokasi SMA tersebut didirikan di SP sembilan, karena pertimbangan lokasi di wilayah itu tidak strategis, sulit dijangkau oleh siswa lulusan SMP di desa desa terdekat dari lokasi tersebut, sehingga tidak jadi dan dialihkan ke lokasi yang sekarang.

Menurut dia, sebanyak 15 SMA negeri dan dua swasta di daerah itu telah mencukupi untuk menampung semua siswa lulusan SMP sederajat setempat.

Ia menerangkan, yang dibutuhkan di daerah itu sekarang ini adalah penambahan sekolah menengah kejuruan (SMK) negeri untuk lima kecamatan didirikan di kecamatan di daerah tersebut.

Lima kecamatan itu yakni Kecamatan Ipuh, Kecamatan Air Rami, Kecamatan Pondok Suguh, Teras Terunjam, dan Kecamatan Penarik.

Saat ini, sebutnya, di daerah itu baru berdiri sebanyak tujuh SMK yang terdiri atas empat SMK negeri dan tiga swasta. ***3***

Pewarta: Oleh Ferri Arianto

Editor :


COPYRIGHT © ANTARA News Bengkulu 2014